Hak Lanjut Usia dalam Islam

Nama eBook: Hak-hak Orang Lanjut Usia dalam Islam
Penulis: Syaikh Prof. Dr. Abdurrozzaq al-Badr خفظه الله

Pengantar:

Segala puji bagi Allah yang telah menurunkan agama ini sebagai rahmat bagi sekalian alam, kemudian semoga shalawat dan salam (terlimpah) kepada nabi yang Allah عزّوجلّ utus untuk rahmat seluruh alam, nabi kita Muhammad صلى الله عليه وسلم beserta keluarganya, semua sahabatnya dan orang-orang yang mengikuti mereka dengan baik.

Islam adalah agama yang adil, agama yang memberi setiap pemilik hak haknya masing-masing. Allah عزّوجلّ berfirman:

إِنَّ اللّهَ يَأْمُرُ بِالْعَدْلِ وَالإِحْسَانِ وَإِيتَاء ذِي الْقُرْبَى وَيَنْهَى عَنِ الْفَحْشَاء وَالْمُنكَرِ وَالْبَغْيِ يَعِظُكُمْ لَعَلَّكُمْ تَذَكَّرُونَ

Sesungguhnya Allah menyuruh (kamu) berlaku adil dan berbuat kebajikan, memberi kepada kaum kerabat, dan Allah melarang dari perbuatan keji, kemungkaran dan permusuhan. Dia memberi pengajaran kepadamu agar kamu dapat mengambil pelajaran. (QS. an-Nahl [16]: 90)

Dan hendaknya seorang berusaha untuk mengetahui hak-hak dalam Islam, karena bagaimana mungkin kita mampu menunaikan hak Allah, hak Nabi, orang tua, kerabat, tetangga dan hak orang yang sudah tua jika kita tidak mengetahuinya.

Dalam eBook ini Syaikh Abdurrozzaq al-Badr, guru besar di Universitas Islam Madinah, menyampaikan urgensi memperhatikan hak-hak orang yang sudah lanjut usia, setelahnya beliau menyebutkan apa-pa saja hak lansia yang mesti kita tunaikan; karena orang yang tidak menghormati orang tua diancam Rasulullah:

لَيْسَ مِنَّا مَنْ لَمْ يَرْحَمْ صَغِيرَنَا وَيُوَقِّرْ كَبِيرَنَا

 “Bukan termasuk golongan kami orang yang tidak menyayangi anak-anak kecil dan tidak menghormati orang-orang tua dari kami.” (HSR. Tirmidzi)

Download:
Hak Lanjut Usia dalam Islam

Download CHM atau Download ZIP

About these ads

Perihal Ibnu Majjah
Penuntut Ilmu, [Insya Allah] bermanhaj Ahlussunnah

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s