Milikilah Sifat Zuhud

Nama eBook: Milikilah Sifat Zuhud
Penulis: Ustadz Abu Aniisah Sayhrul Fatwa bin Lukman  خفظه الله

Pengantar:

Alhamdulillah, sholawat dan salam semoga senantiasa dilimpahkan kepada Nabi Muhammad صلي الله عليه وسلم, keluarga dan sahabatnya رضي الله عنهم dan yang mengikuti mereka hingga akhir zaman. Amma ba’du:

Secara bahasa, zuhud maknanya adalah sedikit dalam segala sesuatu. Al-Imam Ibnu Faris رحمه الله mengatakan, “Asal huruf za, ha, dan dal menunjukkan atas sesuatu yang sedikit.”

Al-Imam Ali al-Jurjani رحمه الله mengatakan, “Dikatakan bahwa zuhud adalah benci terhadap dunia dan berpaling darinya. Ada yang mengatakan, ‘Zuhud adalah meninggalkan kesenangan dunia dalam rangka mencari kebahagiaan akhirat.'”

Syaikh Ibnu Utsaimin رحمه الله mengatakan, “Zuhud di dunia adalah benci terhadap dunia. Yaitu seorang manusia tidak mengambil bagian dunia kecuali apa yang membawa manfaat untuk akhiratnya. Dan zuhud lebih tinggi tingkatannya daripada sifat waro’, karena waro’ adalah meninggalkan apa yang membahayakan dari perkara dunia, sedangkan zuhud adalah meninggalkan apa yang tidak bermanfaat untuk negeri akhirat.”

Syaikhul Islam Ibnu Taimiyyah رحمه الله mengatakan, “Zuhud yang disyari’atkan adalah meninggalkan keinginan dalam perkara yang tidak bermanfaat untuk negeri akhirat. Contohnya adalah berlebihan dalam perkara mubah yang tidak membantu dalam pelaksanaan ketaatan kepada Alloh. Sebagaimana sifat waro’ yang disyari’atkan adalah meninggalkan perkara yang kadangkala dapat membahayakan untuk negeri akhirat. Adapun perkara yang bermanfaat maka bersikap zuhud terhadapnya bukanlah termasuk bagian dari agama, bahkan pelakunya terkena ancaman Alloh عزّوجلّ.

Saudaraku inilah salah satu sifat yang terpuji dalam agama kita yang hanif ini, maka penyusunnya menjelaskan zuhud mulai dari defenisinya, hukumnya, bagaimana merealisaikannya hingga mutiara salafush shaleh dalam hal ini., semoga bermanfaat…

Download:
Milikilah Sifat Zuhud atau ZIP File

Tulisan Terkait:
MUHASABAH – Intropeksi Diri –
Menyucikan Jiwa
Dunia Ladang Bagi Akhirat
Renungan Untuk Kaum Muda

Perihal Ibnu Majjah
Penuntut Ilmu, [Insya Allah] bermanhaj Ahlussunnah

One Response to Milikilah Sifat Zuhud

  1. Ping-balik: Mencari Ketengangan Hati « Download Ebook Islam: Aqidah, Qur'an, Tafsir, Hadits, Fiqh

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s