Kaidah-kaidah Mu’amalah

Nama eBook: Kaidah-kaidah Penting dalam Mu’amalah
Penyusun: Ustadz Abu Ibrohim Muhammad Ali AM خفظه الله

Penyusun berkata:

“Segala puji bagi Alloh Ta’ala yang telah melimpahkan rahmat dan karunia-Nya, dan yang telah mengutus Nabi-Nya صلى الله عليه وسلم dengan al-Qur’an dan sunnahnya, sehingga tegaklah Islam ini dengan berbagai pokok dan landasan serta kaidah-kaidah dalam segala aspeknya.

Sungguh merupakan ciri khas agama Islam yang sempurna ini di antaranya, Islam menjelaskan segala apa yang berkaitan dengan manusia, baik dalam masalah ibadah ataupun mu’amalah/ kehidupan sehari-hari. Maka apa yang dikatakan sebagian manusia bahwa Islam ini hanya mengurusi masalah akhirat saja adalah satu syubhat yang sangat lemah dan telah dibantah oleh Alloh dalam al-Qur’an-Nya. Salah satu buktinya, satu ayat yang paling panjang dalam al-Qur’an ternyata membahas masalah hutang piutang di antara manusia (lihat QS. al-Baqarah: 282). Ini merupakan bukti bahwa Islam adalah agama yang paling sempurna dibanding agama-agama yang lainnya. Maka dari sanalah di ambil berbagai hukum dan ketentuan yang pasti akan sesuai pada setiap zaman dan setiap tempat, sampai masalah-masalah baru yang tidak pernah terjadi pada zaman Rasulullah pun sebenarnya bisa digali hukumnya dari nash-nash yang telah ada, sehingga tidak ada perkataan bahwa hukum-hukum Islam itu kaku/kolot dan tidak sesuai dengan zaman. Maka bagi seorang yang menginginkan kebenaran dalam mengurusi kehidupan sehari-harinya, hendaknya mempelajari kembali dan memahami dengan benar al-Qur’an dan as-Sunnah untuk diterapkan dalam kehidupan sehari-harinya, terutama masalah-masalah mu’amalah baru (bukan ibadah) yang belum pernah terjadi pada zaman Rasulullah صلى الله عليه وسلم dan para sahabatnya, yang membutuhkan pemikiran dan penerapan dalil serta penggalian perkataan dan pendapat para ulama untuk diterapkan dalam masalah tersebut.

Sehubungan banyaknya pertanyaan yang berkaitan dengan fiqh mu’amalah (seperti jual beli, pegadaian, sewa-menyewa, wasiat, dan lainnya), maka pada edisi kali ini sebelum kami menjelaskan permasalahan-permasalahan yang rinci tentang fiqh mu’amalah, baik dan perlu diketahui beberapa kaidah penting sebelum kita melakukan satu transaksi seperti yang kita sebutkan dalam contoh di atas. Kaidah-kaidah ini amatlah penting sebagai tolok ukur sah dan tidaknya suatu transaksi mu’amalah dalam kehidupan manusia sehari-hari, sehingga mudah bagi kita menerapkan kaidah ini pada transaksi apa saja terutama masalah-masalah baru yang tidak ada nash dalil dari al-Qur’an dan as-Sunnah.” Kemudian penyusun menjelaskan enam kaidah yang umum dalam mu’amalah, Insya Allah memberi manfaat yang banyak….

Download:
Kaidah-kaidah Penting dalam Mu’amalah atau ZIP File

Tulisan Terkait:
10 Faedah Tentang Jual Beli
Etika Pedagang Muslim
Hukum Menimbun Barang Dagangan
Hukum Jual Beli Mata Uang dan Saham dalam Fiqih Islam

Perihal Ibnu Majjah
Penuntut Ilmu, [Insya Allah] bermanhaj Ahlussunnah

One Response to Kaidah-kaidah Mu’amalah

  1. Ping-balik: Riba Bukan Perniagaan « Download Ebook Islam: Aqidah, Qur'an, Tafsir, Hadits, Fiqh

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s