Imam Abu Zur’ah ar-Razi

Nama eBook: Imam Abu Zur’ah ar-Razi رحمه الله
Penyusun: Ustadz Rizky bin Ahmad Baswedan حفظه الله

Pengantar:

Alhamdulillah, shalawat dan salam semoga senantiasa dilimpahkan kepada Nabi Muhammad صلى الله عليه وسلم, keluarga dan sahabatnya dan yang mengikuti mereka hingga akhir zaman.

Abu Zur’ah رحمه الله memiliki nama lengkap ‘Ubaidullah bin ‘Abdil Karim bin Yazid bin Farrukhal-Qurasyi al-Makhzumi. Beliau adalah maula Ayyasy bin Mutharrif bin Abdillah al-Makhzumi. Dan Abu Zur’ah adalah kunyah beliau.

Abu Zur’ah ar-Razi رحمه الله, seorang Imam Rabbani yang banyak menghafal hadits, dan sekaligus sangat menguasai hadits-hadits yang dihafalkannya. Beliau salah satu murid Imam Ahmad bin Hanbal رحمه الله. Juga termasuk salah satu guru Imam Muslim رحمه الله.

Imam adz-Dzahabi رحمه الله menyanjung pribadi Imam Abu Zur’ah رحمه الله dengan mengatakan, “la seorang imam (panutan dan rujukan umat), dan sayyidul-huffazh (pemuka para ahli hadits, orang yang sangat kuat hafalannya), dan dia adalah ahli hadits dari kota yang bernama Rayy”.

Kota Rayy kini terletak di Teheran (ibukota Iran). Kota yang kini mempakan basis sekte Syi‘ah Rafidhah tersebut dahulu mempakan kota yang dikenal melahirkan Ulama-ulama Ahlussunnah. Orang yang menisbatkan dirinya ke kota ini akan menyematkan kata ar-Razi pada akhir namanya. Contoh, adalah Imam Abu Hatim ar-Razi رحمه الله, dan putranya Abdurrahman bin Abi Hatim ar-Razi رحمه الله, serta tokoh kita kali ini Imam Abu Zur’ah ar-Razi رحمه الله.

Demikianlah hai saudaraku kaum muslimin, sebuah negeri bisa terkena fitnah hingga menyebar merata fitnah tersebut, dimana dahulu negeri Iraq (termasuk Iran) adalah negerinya pemegang panji sunnah, sebut saja Imam Abu Hanifah dan kedua muridnya, Imam Ahmad bin Hambal dan ribuan ulama sebelum dan sesudah mereka. Setelah ilmu berkurang dan iman menurun maka Syi’ah mengusai negeri tersebut, maka berhati-hatilah para pemimpin negeri ini dan rakyatnya dari bahaya agama Syi’ah ini, Alhamdulillah MUI telah menyatakan sesatnya ajaran syi’ah, kita berharap para pemimpin negeri dan ulama dapat mengembalikan mereka kepada yang haq dan membersihkan faham Syi’ah dari bumi pertiwi ini, amin…

Salah satu ciri khas syi’ah adalah mencaci sahabat, Imam Abu Zur’ah ar-Razi mempunyai perkataan indah dan terkenal mengenai ini, ia رحمه الله berkata:

“Apabila ada yang mencela seorang sahabat Nabi maka dapat dipastikan bahwa ia adalah zindiq (munafik). Ketahuilah bahwa al-Quran dan Sunnah Nabi adalah petunjuk bagi kita semua, dan para sahabatlah yang menyampaikan al-Qur an dan as-Sunnah. Para pencela itu hanya ingin menjatuhkan nama baik para sahabat agar mereka dapat menolak al-Qur’an dan as-Sunnah, padahal mereka lebih pantas untuk dicela, karena mereka orang-orang zindiq”

Download:

Download CHM atau Download ZIP dan Download Word atau Download PDF

Perihal Ibnu Majjah
Penuntut Ilmu, [Insya Allah] bermanhaj Ahlussunnah

One Response to Imam Abu Zur’ah ar-Razi

  1. anthomassardi mengatakan:

    Jazakallaahu Khoir

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s