Bulan Ramadhan Bersama Al-Qur’an

Nama eBook: Bulan Ramadhan Bersama Al-Qur’an
Penulis: Ustadz Abu Abdillah Syahrul Fatwa bin Lukman حفظه الله

Segala puji bagi Allah, Rabb semesta, shalawat dan salam buat Nabi terakhir yang membawa peringatan bagi seluruh umat manusia, semoga selawat dan salam juga terlimpahkan buat keuarga dan para sahabatnya serta orang-orang yang tetap berpegang teguh dengan petunjuk mereka sampai hari kiamat.

Bulan Ramadhan adalah bulan al-Qur’an, dimana dibulan inilah diturunkan al-Qur’an dan dianjurkan memperbanyak bacaan al-Qur’an dibulan yang penuh berkah ini. Allah ta’ala berfirman:

شَهْرُ رَمَضَانَ الَّذِي أُنْزِلَ فِيهِ الْقُرْآنُ هُدًى لِلنَّاسِ وَبَيِّنَاتٍ مِنَ الْهُدَى وَالْفُرْقَانِ

Bulan Ramadhan, bulan yang di dalamnya diturunkan (permulaan) al Quran sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang hak dan yang bathil). (QS.Al-Baqarah [2]: 185).

Hubungan al-Qur’an dengan bulan Ramadhan adalah hubungan yang penuh makna. Ibadah puasa adalah sarana perbaikan jiwa dan pembersihan hati. Semua ini menyimpan tujuan besar, yaitu agar manusia siap menerima cahaya ilmu dan petunjuk al-Qur’an. Maksud yang terbesar dari puasa adalah membersihkan hati dan pikiran, dengan hati yang bersih dan pikiran yang jernih maka manusia akan mampu memahami kandungan al-Qur’an. Perhatikanlah rahasia hikmah ini dalam urutan ayat tentang puasa, setelah Allah ta’ala menyebutkan kewajiban puasa maka Allah menyebutkan dalam rentetan selanjutnya dengan ayat turunnya al-Qur’an, hal ini dapat dipahami bahwa disyariatkannya ibadah puasa tiada lain demi al-Qur’an.

Demikianlah salah satu eratnya hubungan Ramadhan dan al-Qur’an sehingga seorang muslim hendaklah bersungguh-sungguh membaca dan mentadabburi al-Qur’an di bulan Ramadhan, dalam eBook dibahas berbagai hal berkenaan dengan membaca al-Qur’an seperti target membaca al-Qur’an, khataman sampai potret salafush bersama al-Qur’an di bulan Ramadhan, akhirnya kita berdo’a agar amal ibadah kita diterima Allah ta’ala, amin…

Download:
Download PDF atau Download Word

Perihal Ibnu Majjah
Penuntut Ilmu, [Insya Allah] bermanhaj Ahlussunnah

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s