Pentingnya Hukum Warisan

Nama eBook: Ilmu Mawarits, Hukum yang Terabaikan
Penulis: Ustadz Armen Halim Naro رحمه الله

الحمد لله رب العالمين، والعاقبة للمتقين، والصلاة والسلام على إمام المرسلين، نبينامحمد، وعلى آله وصحبه أجمعين، أما بعد

Allah Subhanahu wa Ta’ala menerangkan hukum-hukum syari’at, seperti Shalat, Zakat, Haji dan yang lainnya secara global dalam al-Qur’an dan dijelaskan Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam dalam sunnah, sedangkan hukum mawarits (pembagian warisan) diterangkan oleh Allah Subhanahu wa Ta’ala secara terperinci di dalam Al-Qur’an.

Hal ini menunjukkan betapa pentingnya hal tersebut dan tidak memberi celah kepada Manusia yang bersaksi kepada Allah sebagai Rabb-nya dan Muhammad sebagai Rasulullah untuk keluar dari hukum waris yang telah ditentukan Allah Azza wa Jalla.

Ironisnya ditengah kaum muslimin pembagian warisan sangatlah jauh dari yang telah ditentukan oleh syari’at, ada yang hanya memberikan warisan kepada anak laki-laki atau kebalikannya yang hanya memberi warisan kepada wanita saja, memberi warisan sama banyak antara laki-laki dan wanita, membagi warisan menurut wasiat orang yang punya harta dan lain sebaginya yang mana ini dipengaruhi oleh adat dan pemikiran orang-orang liberal dan cinta barat, orang-orang yang demikian mendapat ancaman Allah Azza wa Jalla:

تِلْكَ حُدُودُ اللَّهِ وَمَنْ يُطِعِ اللَّهَ وَرَسُولَهُ يُدْخِلْهُ جَنَّاتٍ تَجْرِي مِنْ تَحْتِهَا الْأَنْهَارُ خَالِدِينَ فِيهَا وَذَلِكَ الْفَوْزُ الْعَظِيمُ. وَمَنْ يَعْصِ اللَّهَ وَرَسُولَهُ وَيَتَعَدَّ حُدُودَهُ يُدْخِلْهُ نَارًا خَالِدًا فِيهَا وَلَهُ عَذَابٌ مُهِينٌ

“(Hukum-hukum mawarits tersebut) itu adalah ketentuan-ketentuan dari Allah. Barangsiapa taat kepada Allah dan Rasul-Nya, niscaya Allah memasukkannya ke dalam surga yang mengalir di dalamnya sungai-sungai, sedangkan mereka kekal di dalamnya, dan itulah kemenangan yang besar. Dan barangsiapa yang mendurhakai Allah dan Rasul-Nya dan melanggar ketentuan-ketentuan-Nya, niscaya Allah memasukannya ke dalam api neraka, sedangkan ia kekal di dalamnya dan baginya siksa yang menghinakan” (QS. An-Nisa/4: 13-14)

Simak selanjutnya eBook ini dan eBook dalam kategori ini (pada versi CHM terangkum sebagian besarnya) yang semoga menjadi pengingat, supaya kita tidak melalaikannya.

Download:
Download CHMatau Download ZIPatau Download PDF atau Download Word

Iklan

Perihal Ibnu Majjah
Penuntut Ilmu, [Insya Allah] bermanhaj Ahlussunnah

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s