Rahasia di Balik Uban

Nama eBook: Rahasia di Balik Uban Menurut Rasulullah
Penulis: Ustadz Ubu Minhal, Lc حفظه الله

Alhamdulillah, kita bertahmid memuji Allah dan bersyukur kepada-Nya. Sholawat dan salam bagi nabi utusan-Nya Muhammad صلى الله عليه وسلم, keluarganya, para sahabatnya, dan yang mengikuti mereka dengan baik hingga hari yang pasti.

Seiring perjalanan waktu, usia manusia akan bertambah dan ia akan mengalami perubahan demi perubahan pada fisik dan penampilannya. Perubahan-perubahan itu identik dengan penurunan dan penyusutan kualitas fungsi organ pada tubuhnya. Fisik lebih cepat lelah, kulit tidak sekenyal dahulu, ketajaman pandangan mulai berkurang, ingatan menurun dan satu lagi, tumbuhnya helai-helai uban pada rambut kepala atau jenggot. Seseorang akan mustahil berkelit untuk menahan laju tanda-tanda penuaan yang terjadi pada dirinya. Sunnatullah tidak akan berubah-ubah dan berganti.

Kemunculan uban menjadi salah satu indikasi seseorang telah berumur dan mengalami fase kelemahan kembali, setelah kekuatannya mencapai puncak-puncaknya.

Rasulullah Muhammad صلى الله عليه وسلم, insan yang paling peduli akan hidayah bagi umatnya agar mereka berada di atas petunjuk terbaik telah menggariskan cara bagaimana memperlakukan uban yang telah mewarnai rambut kepala, Beliau صلى الله عليه وسلم bersabda:

لَا تَنْتِفُوا الشَّيْبَ فَإِنَّهُ نُورُ الـمُسْلِمِ يَوْمَ الْقِيَامَةِ

“Janganlah kalian mencabut uban. Sesungguhnya ia menjadi cahaya bagi seorang Muslim kelak pada Hari Kiamat”. (HR. Abu Dawud, at-Tirmidzi dan an-Nasai)

Download:
Download PDF atau Download Word

Iklan

Perihal Ibnu Majjah
Penuntut Ilmu, [Insya Allah] bermanhaj Ahlussunnah

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s