Haji dan Dzikir

Nama eBook: Haji dan Dzikir
Penulis: Syaikh Abdurrazzaq bin Abdul Muhsin al-Badr حفظه الله

Pengantar:

الحمد لله رب العالمين، والعاقبة للمتقين، والصلاة والسلام على إمام المرسلين، نبينامحمد، وعلى آله وصحبه أجمعين، أما بعد:

Berikut ini adalah eBook ‘Haji dan Dzikir’ yang merupakan rangkaian faidah, pelajaran, pendidikan jiwa dan hikmah ibadah haji, dimana sebelumnya telah kita posting ‘Haji dan Perbaikan Diri’, ‘Haji dan Memenuhi Panggilan Allah’, dan  ‘Haji dan Taubat’.

Allah عزّوجلّ telah mensyariatkan ibadah haji atas hamba-hamba-Nya untuk mengingat-Nya. Dzikir adalah tujuan dari haji, juga tujuan dari semua ketaatan. Ibadah tidak disyariatkan kecuali karena-Nya. Tidaklah seseorang mendekatkan diri kepada Allah سبحانه و تعالى kecuali dengan mengingat-Nya, dan ibadah haji seluruhnya adalah mengingat Allah جل جلا له. Allah عزّوجلّ berfirman:

فَإِذَا أَفَضْتُمْ مِنْ عَرَفَاتٍ فَاذْكُرُوا اللَّهَ عِنْدَ الْمَشْعَرِ الْحَرَامِ وَاذْكُرُوهُ كَمَا هَدَاكُمْ وَإِنْ كُنْتُمْ مِنْ قَبْلِهِ لَمِنَ الضَّالِّينَ.

Maka apabila kamu telah bertolak dari ‘Arafah, berdzikirlah kepada Allah di Masy’arilharam. dan berdzikirlah (dengan menyebut) Allah sebagaimana yang ditunjukkan-Nya kepadamu; dan Sesungguhnya kamu sebelum itu benar-benar Termasuk orang-orang yang sesat. (QS. Al-Baqoroh [2]: 198)

Begitulah ibadah haji itu sebagai dzikir (mengingat) Allah عزّوجلّ, kita melihat dan melaksanakan ibadah dipenuhi ucapan dzikir, doa dan istigfar. Semoga Allah سبحانه و تعالى menjadikan kita semua termasuk dari orang-orang yang berdzikir dan menjauhkan kami dari kelalaian. Sesungguhnya Allah Maha Mendengar do’a. Allah عزّوجلّ adalah tempat berharap, dan sebaik-baik penolong.

Download:
Download PDF atau Download Word

Perihal Ibnu Majjah
Penuntut Ilmu, [Insya Allah] bermanhaj Ahlussunnah

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s