Nama Allah: Al-Halim

Nama eBook: Nama Allah: Al-Haliim (Maha Penyantun)
Penulis: Syaikh Amin bin Abdullah asy-Syaqawi

Pengantar:

Segala puji hanya untuk Allah Subhanahu wa Ta’la, shalawat serta salam semoga tercurah kepada Rasul Allah Shallallahu ‘alaihi wa sallam . Aku bersaksi bahwa tidak ada ilah yang berhak disembah dengan benar melainkan Allah Subhanahu wa Ta’la semata yang tidak ada sekutu bagi-Nya, dan aku juga bersaksai bahwa Muhammad Shallallahu ‘alaihi wa sallam adalah seorang hamba dan utusan-Nya.

Supaya iman seorang muslim itu kokoh maka ia harus mengimani dan mengilmui Asma’ dan Sifat Allah, sehingga timbul kecintaan, harapan dan ihsan yang pada gilirannya akan menjadikan seorang muslim yang kaffah.

Salah satu dari sekian Asma’ dan Sifat Allah adalah Al-Haliim (Yang Maha Penyantun), Sebagian ulama ada yang menyebutkan, bahwasannya Allah Subhanahu wa Ta’la menyebut nama ini secara khusus didalam al-Qur’an itu sebanyak sebelas kali. Diantaranya ialah yang tercantum dalam firman-Nya:

وَاعْلَمُوا أَنَّ اللَّهَ يَعْلَمُ مَا فِي أَنْفُسِكُمْ فَاحْذَرُوهُ وَاعْلَمُوا أَنَّ اللَّهَ غَفُورٌ حَلِيمٌ

“Dan ketahuilah bahwasanya Allah mengetahui apa yang ada dalam hatimu; maka takutlah kepada-Nya, dan ketahuilah bahwa Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyantun”. (QS. al-Baqarah/2: 235)

قَوْلٌ مَعْرُوفٌ وَمَغْفِرَةٌ خَيْرٌ مِنْ صَدَقَةٍ يَتْبَعُهَا أَذًى وَاللَّهُ غَنِيٌّ حَلِيمٌ

“Perkataan yang baik dan pemberian maaf lebih baik dari sedekah yang diiringi dengan sesuatu yang menyakitkan (perasaan si penerima). Allah Maha Kaya lagi Maha Penyantun”. (QS. al-Baqarah/2: 263)

Mari kita simak eBook ini dan semoga kita adalah termasuk hambanya yang penyantun dan suka memaafkan, amin…

Download:

Download CHM atau Download ZIP atau Download Word atau Download PDF

Tentang Ibnu Majjah
Penuntut Ilmu, [Insya Allah] bermanhaj Ahlussunnah

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.