Alam Jin, Makhluk Supranatural

Nama eBook: Alam Jin, Makhluk Supranatural
Penulis: Abu Zahroh al-Anwar

Pengantar:

Alhamdulillah, Segala puji beriring dengan cinta dan pengagungan hanya semata-mata milik Alloh Yang telah menciptakan jin dari api, menjadikannya makhluk yang ghoib dari pandangan manusia dan menjadikan manusia lebih utama darinya. Dan saya bersaksi bahwa tiada sesembahan yang berhak disembah secara haq kecuali Alloh dan bahwasanya Nabi Muhammad adalah hamba Alloh dan Rosul-Nya. Sholawat dan salam kepada Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wasallam, istri-istri, keluarga, sahabat, dan para pengikut mereka dalam kebajikan hingga hari pembalasan. Amma ba’du:

Dalam eBook kali ini, insya Alloh Ta’ala kita akan mengkaji bersama tentang alam jin dan hal-hal yang berkaitan dengannya yang perlu kita kaji dan kita ilmui walau secara singkat. Semoga Alloh memudahkan dan memberi taufiq kepada kami dalam menyelesaikan risalah singkat ini dan menambahkan ilmu yang bermanfaat kepada kita semua, dan sesungguhnya hanyalah Alloh Ta’ala semata pemberi taufiq dalam i’tiqod, ilmu, dan amal.

Asal pembentukan kalimat “jin” dari huruf jim (ج) dan nun (ن), menunjukkan makna tertutup. “la dinamakan jin karena ketertutupannya dari pandangan manusia.”

Para jin melihat manusia sedangkan manusia tidak dapat melihat mereka. Jin diciptakan sebelum manusia dan diciptakan dari api berdasarkan nash al-Qur’an:

قَوَالْجَآنَّ خَلَقْنَاهُ مِن قَبْلُ مِن نَّارِ السَّمُومِ. وَإِذْ قَالَ رَبُّكَ لِلْمَلاَئِكَةِ إِنِّي خَالِقٌ بَشَراً مِّن صَلْصَالٍ مِّنْ حَمَإٍ مَّسْنُونٍ

Dan Kami telah menciptakan jin sebelum (Adam) dari api yang sangat panas. Dan (ingatlah), ketika Robbmu berfirman kepada para malaikat: “Sesungguhnya Aku akan menciptakan seorang manusia dari tanah liat kering (yang berasal) dari lumpur hitam yang diberi bentuk.” (QS. al-Hijr [15]: 27-28)

Masih banyak bahasan tentang jin dalam eBook ini, mak simak lanjutan pembahasannya, semoga bermanfaat…

Download:
Download CHM atau Download ZIP atau Download PDF atau Download Word

Perihal Ibnu Majjah
Penuntut Ilmu, [Insya Allah] bermanhaj Ahlussunnah

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.