Membuat File PDF

Segala puji bagi Allah tuhan semesta alam. Untuk mendukung tulisan kami sebelumnya: Qur’an in Word, maka kami ketengahkan berikut ini membuat file pdf (portable document format) dari sebuah dokumen word.

1. Membuat PDF pada Ms Word 2007

Untuk membuat file pdf di Ms Word 2007 memerlukan Microsoft office 2007 Save As PDF & XPS Add In yang dapat anda download disini. Setelah diinstall bisa langsung dipergunakan:

  • Buat/ buka sebuah dokument di word yang akan dibuat PDF
  • Klik office logo dan klik save as PDF or XPS dan pilih PDF, lihat tampilan berikut:

Save Pdf or xps

2. Membuat PDF pada Ms Word 2010

Pada Ms Office 2010 pembuatan (konversi) dokumen ke PDF lebih mudah lagi: Buka dukumen yang akan di buat pdf, selanjutnya klik tab file→Save as, pada dialog Save As pilih PDF pada Save as type selanjutnya klik Save.

Save Pdf 2010

3. Membuat PDF pada Ms Word 2003 ke bawah

Untuk Ms Office 2003 ke bawah kita memerlukan software pihak ketiga untuk membuat file PDF, salah satunya yang FREE adalah Nitro PDF Reader, selain sebagai PDF Reader juga PDF Creator dari berbagai jenis file. Nitro PDF Reader menggunakan antarmuka atau tampilan yang mirip Microsoft Office 2007 Ribbon. Fitur-fiturnya diantaranya sebagai berikut :

  • Tampilan mirip Ribbon Office 2007, memudahkan bagi yang familiar dengan Office 2007
  • 100% kompatibel dengan PDF Reader lainnya, termasuk produk dari Adobe Acrobat
  • Context-intelliegnt UI dan Tools, hanya menampilkan menu/panel jika membuka PDF yang cocok, termasuk move/select tool untuk text atau gambar
  • Fill-in dan Save Form, fitur untuk langsung mengisi form dan menyimpannya
  • PDF File Creation, fitur untuk membuat file PDF dari berbagai aplikasi (lebih dari 300 file tipe yang didukung). pembuatan file PDF dengan Drag and drop
  • Typing tool, untuk menulis di halaman PDF dengan mudah dan selanjutnya bisa disimpan.
  • dll, silahkan lihat disini

Membuat file PDF dengan Nitro PDF Reader:

Buka Nitro PDF Reader→Klik Create from fileBrowser file word yang akan di convert→klik Create→selanjutnya klik Save dan PDF file-pun telah selesai dibuat.

Nitro PDF Creator

Salah satu fitur yang menarik adalah mampu membuat file PDF dari berbagai format lainnya. Pembuatan PDF bisa dilakukan dengan langsung drag file ke icon Nitro Reader di desktop, pembuatan dari file dengan opsi yang bisa di sesuaikan, serta pembuatan dari Print Dialog ( dengan memilih printer “Nitro PDF Creator”).

Download Nitro PDF Reader disini atau halaman download Nitro PDF

Tulisan Terkait:
Qur’an in Word
Cara Menulis Arab di Word

Tentang Ibnu Majjah
Penuntut Ilmu, [Insya Allah] bermanhaj Ahlussunnah

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.