70 Hadits Pilihan

Nama Ebook: 70 Hadits Pilihan
Penulis : Syaikh DR. Muhammad Murtaza bin Aish

الحمد لله رب العالمين. وصلى الله على نبينا محمد وعلى آله :وصحبه ومن تبعهم بإحسان إلى يوم الدين، أَمَّا بَعْدُ:

Ini adalah eBook yang menghimpun hadits-hadits Rasulullah shallahu ‘alaihi wasallam  dalam berbagai tema yang diambil penulis dari kitab-kitab hadits yang enam (kutubus sittah), disertai biografi singkat perawi dan bebarapa faedah hadits, berikut contohnya pada hadits ke-1:

عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ عَمْرٍو قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ اعْبُدُوا الرَّحْمَنَ وَأَطْعِمُوا الطَّعَامَ وَأَفْشُوا السَّلَامَ تَدْخُلُوا الْجَنَّةَ بِسَلَامٍ

Dari Abdullahbin Amru radhiyallahu ‘anhumna ia berkata: Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: “Beribadahlah kalian kepada Ar Rahman, berilah makanan, dan tebarkanlah salam, niscaya kalian akan masuk surga dengan selamat.”(HR. Tirmidzi no. 1855 dan ia berkata hadits ini hasan shahih)

Perawi Hadits:

Abdullah  bin  Amru  bin  Al’Ash  Al-Qurasyi  As Sahmi radhiyallahu ‘anhuma.  Seorang  sahabat  yang  terkenal.  Masuk  Islam sebelum  bapaknya  Amru  bin  Al-‘Ash radhiyallahu ‘anhu.  Ia  memiliki  700 hadits dalam kitab-kitab hadits. Ia juga sempat berperang bersama  Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam,  sebagaimana  ia  dikenal  sebagai ahli kebijakan politik dan manajemen kerja. Mu’awiyah radhiyallahu ‘anhu pernah mengangkatnya sebagai wali kota Kufah beberapa lama.

Ia  juga  menyampaikan  hadits  Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam dan menyampaikan fatwa  di Jami’ Al-Fasthath ( Masjid Amru bin Al’Ash) di Mesir. Dan banyak orang yang mengambil ilmu darinya, baik yang berasal dari Mesir, Syam maupun Hijaz.  Abdullah  bin  Amru  bin  Al’Ash radhiyallahu ‘anhuma meninggal  di Mesir  pada  tahun  65  H,  dan  di  makamkan  di  rumahnya. Ada pula riwayat yang mengatakan ia meninggal di Syam, ada pula yang mengatakan meninggal di Mekkah.

Beberapa faedah hadits ini adalah:

  1.  Jalan ke surga yaitu beribadah kepada Allah semata, tidak mempersekutukan-Nya, dan berbuat baik kepada manusia,
  2. Hadits ini menyuruh agar menjadikan Allah semata sebagai tujuan ibadah, juga memberikan anjuran agar memberi orang yang membutuhkan,
  3. Menyebarkan Islam adalah salah satu faktor untuk mempererat hubungan kasih sayang sosial antar anggota masyarakat Islam.

Download:
Download PDF mirror Download PDF

Perihal Ibnu Majjah
Penuntut Ilmu, [Insya Allah] bermanhaj Ahlussunnah

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.