Khutbah Jum’at: Cinta dan Benci Karena Allah

Nama eBook: Khutbah Jum’at: Cinta dan Benci Karena Allah
Penulis: Ustadz Abdullah Zaen, Lc, MA حفظه الله

ِAlhamdulillah, kita memuji dan bersyukur kepada Allah Rabb semesta alam, kemudian shalawat dan salam  bagi Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wa sallam, keluarga, sahabat, dan mereka yang mengikuti mereka dengan baik hingga suatu harikiamat.

ِIman manusia itu tidaklah stagnan. Iman manusia bisa bertambah hingga sampai puncaknya dan bisa berkurang hingga tidak tersisa sedikit pun.

Seseorang akan mencapai puncak kesempurnaan iman; di saat segala aktivitas dan perilakunya hanya karena Allah Azza wa Jalla. Berbuat sesuatu karena Allah dan ineninggalkan sesuau pun juga karena Allah Azza wa Jalla. Memberi karena Allah dan menahan pemberian juga karena Allah Azza wa Jalla, Mencintai seseorang karena Allah dan rnembenci seseorang pun karena Allah. Pendek kata, segala perbuatan, ucapan, dan perasaan hatinya, semata-mata karena Allah Ta’ala. Orang seperti inilah yang telah mencapai kesempurnaan iman.

مَنْ أَعْطَى لِلَّهِ ومَنَعَ لِلَّهِ، وَأَحَبَّ لِلَّهِ وَأَبْغَضَ لِلَّهِ، وَأَنْكَحَ لِلَّهِ فَقَد اسْتَكْمَلَ إِيْمَانَهُ

Barang siapa memberi sesuatu karena Allah, menahan pernberian-pun karena Allah, mencintai karena Allah dan membenci juga karena Allah, serta menikah pun karena Allah, sungguh imannya telah sempuma. (HR. Tirmidzi)

Wala’ dan bara’ atau cinta dan benci karena Allah Azza wa Jalla. Itulah sebuah konsep yang harus kita pahami dan prinsip yang wajib kita terapkan dalam kehidupan sehari-hari.
Selamat menyimak dan mari kita amalkan…

Download:
Download PDF atau Download PDF

Perihal Ibnu Majjah
Penuntut Ilmu, [Insya Allah] bermanhaj Ahlussunnah

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s