Mengenal Islam

Judul eBook: Mengenal Islam
Penulis: Divisi Riset Universitas Islam Madinah

Pengantar:

Ini adalah e-book yang membicarakan tentang apa itu ‘ISLAM’ dengan bahasa singkat dan mudah. Menurut kami eBook ini layak diajarkan kepada anak-anak kita, orang yang baru masuk Islam dan orang ‘Islam’ yang belum pernah mempelajari Islam.

Dalam eBook ini Divisi Riset Universitas Islam Madinah menjelaskan tentang kepercayaan dasar umat Islam yakni ‘Rukun Iman’ dan bukti amalan dasar umat Islam yakni ‘Rukun Islam’, selanjutnya diterangkan ajaran Islam yang sempurna dengan ringkas dan kami kutipkan dilaman depan ini sebagai berikut:

Islam juga telah mengatur kehidupan pemeluknya secara individu dan masyarakat, dengan konsep yang menjamin kebahagiaan hidup mereka dunia dan akhirat.

Islam membolehkan bahkan mendorong mereka untuk nikah, dan sebaliknya mengharamkan (melarang) perbuatan zina, sodomi, dan segala bentuk prilaku kotor lainnya.

Islam mewajibkan menjalin hubungan antar kerabat, mengasihi orang-orang fakir dan miskin serta menyantuni mereka, sebagaimana Islam juga mewajibkan dan mendorong untuk berakhlak mulia, serta mengharamkan dan melarang segala bentuk moral yang hina.

Islam membolehkan bagi mereka usaha yang baik melalui perdagangan, persewaan dan semacamnya, serta mengharamkan praktek riba, segala bentuk perdagangan yang terlarang, dan semua yang mengandung unsur penipuan atau pengelabuan.

Sebagaimana Islam juga memperhatikan perbedaan manusia dalam tingkat komitmen terhadap ajarannya dan memelihara hak-hak orang lain, untuk itu ditetapkan sanksi-sanksi yang mencegah untuk terjadinya berbagai pelanggaran terhadap hak-hak Allah seperti murtad, berzina, meminum khamar dan semacamnya, begitu juga ditetapkan sanksi-sanksi yang mencegah akan terjadinya pelanggaran terhadap hak-hak sesama manusia, seperti membunuh, mencuri, menuduh orang lain berbuat zina, atau menganiaya dengan memukul atau menyakiti. Sanksi-sanksi tersebut ditetapkan sesuai dengan bentuk kejahatan yang dilakukan, tanpa berlebih-lebihan.

Sebagaimana Islam juga telah mengatur dan memberi batasan terhadap hubungan antara rakyat dan penguasa, dengan mewajibkan rakyat untuk ta’at selama bukan dalam maksiat kepada Allah , dan mengharamkan kepada mereka memberontak atau menentang, karena bisa menimbulkan kerusakan-kerusakan umum atau khusus.

Dapat kita simpulkan bahwa: Islam telah merangkum ajaran-ajaran, yang membangun dan menciptakan hubungan yang benar dan amalan yang tepat antara hamba dan Tuhannya, dan antara individu dengan masyarakatnya dalam segala hal. Maka tidak satupun kebaikan, baik itu disegi akhlak maupun mu’amalat, melainkan Islam telah membimbing dan mendorong ummat untuk melaksanakannya, dan sebaliknya tidak satupun keburukan dalam hal akhlak ataupun mu’amalat melainkan Islam telah mencegah dan melarang ummat untuk melakukannya. Ini semua membuktikan kesempurnaan dan keindahan agama ini, dalam seluruh sisi dan bagiannya.

Silahkan baca eBook ini seutuhnya…

Download:
Mengenal Islam atau ZIP file

Tulisan Terkait:
Iman Kepada Allah
Makna Islam dan Iman
Memahami Tauhid
Pelajaran Penting Untuk Umat Islam

Iklan

Perihal Ibnu Majjah
Penuntut Ilmu, [Insya Allah] bermanhaj Ahlussunnah

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s