10 Faedah Tentang Haji

Nama ebook: 10 Faedah Seputar Thoharoh
Penulis: Abu Ubaidah Yusuf bin Mukhtar As-Sidawi خفظه الله
Pengantar:

Alhamdulillah, kembali kami memposting eBook berseri tentang Fawaid. Bersempena sekarang ini dalam bulan-bulan Haji maka kami ketengahkan 10 Faedah tentang Haji. 1 dari 10 fawaid dalam ebook ini ialah tentang “Asal Hajar Aswad” sebagai berikut:

عَنْ ابْنِ عَبَّاسٍ قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: نَزَلَ الْحَجَرُ الْأَسْوَدُ مِنْ الْجَنَّةِ أَشَدُّ بَيَاضًا مِنْ الْشَلْجِ فَسَوَّدَتْهُ خَطَايَا بَنِي آدَمَ

Dari Ibnu Abbas رضي الله عنهما berkata: Rosululloh صلي الله عليه وسلم bersabda: “Hajar aswad (ketika) turun dari surga lebih putih daripada salju, lalu dosa-dosa anak Adam membuatnya hitam. “ (Shohih. HR. Tirmidzi, Ibnu Khuzaimah, ath-Thobroni dan Ahmad )

Kita beriman dengan hadits ini secara tekstual dan pasrah sepenuhnya, sekalipun orang-orang ahli filsafat mengingkarinya.

Sulaiman bin Kholil رحمه الله (imam dan khotib Masjidil Harom dahulu) menceritakan bahwa dirinya melihat tiga bintik berwarna putih jernih pada hajar aswad, lalu katanya: “Saya perhatikan bintik-bintik tadi, ternyata setiap hari berkurang warnanya.”

Sungguh dalam hal itu terdapat pelajaran berharga bagi orang yang berakal, sebab jika demikian jadinya bekas dosa pada batu yang keras, maka bagaimana kiranya pada hati manusia?! (Fathul Bari Ibnu Hajar 3/463)

Download:
Download CHM mirror-1 Download CHM  mirror-2 Download CHM

Tulisan Terkait:
Manasik Haji dan Umrah Bergambar
Faedah Puasa dan Keutamaan Haji
Umroh Ta’nim
Tanda-tanda Haji Mabrur
Fatwa Manasik Haji Untuk Wanita

Pertama:Karena thaharah merupakan syarat sahnya shalat yang merupakan ibadah yang paling utama.

Kedua:Pembersihan itu sebelum perhiasan. Seperti kalau ada anak putri yang masih kotor penuh debu dan kita ingin memakaikan padanya baju baru dan perhiasan, apakah akan langsung kita pakaikan ataukah kita memandikannya terlebih dahulu?! Demikian pula thaharah, dia adalah pembersihan dan shalat adalah perhiasannya.

Ketiga: Sebagaimana seorang membersihkan badannya maka hendaknya dia juga membersihkan hatinya. Hal ini merupakan peringatan kepada pembaca atau penuntut ilmu agar meluruskan niatnya terlebih dahulu dari kotoran-kotoran hati.

Tentang Ibnu Majjah
Penuntut Ilmu, [Insya Allah] bermanhaj Ahlussunnah