Imam an-Nawawi VS Bid’ah

Imam Nawawi رحمه الله adalah seorang ulama terkemuka yang menghabiskan usianya untuk mempelajari ucapan hamba termulia—yaitu Muhammad صلى الله عليه وسلم.— Hampir seluruh waktunya beliau gunakan untuk mendengarkan hadits-hadits dari lisan pada pembesar ulama di Syam dan meneliti permasalahan-permasalahan pelik dalam sunnah-sunnah Rasul. Beliau sangat konsisten dengan apa yang telah ia ilmui dari al-Kitab dan as-Sunnah. Beliau telah menggabungkan antara ilmu dan amal.

Di masa-masa kehidupannya yaitu pada abad ke-7 Hijriah, beliau banyak menjumpai amalan yang berseberangan dengan sunnah Abul Qasim (Muhammad) صلى الله عليه وسلم. Mereka mengada-adakan ibadah yang tidak ada asalnya dalam agama Allah عزّوجلّ ini (baca: bid’ah). Maka bangkitlah Imam Nawawi رحمه الله karena kecintaan beliau terhadap sunnah Nabi صلى الله عليه وسلم. Beliau membangunkan manusia dari kelalaiannya dan memperingatkan mereka dari bahaya bid’ah dan para penghasung kesesatan tersebut, seraya mengibarkan seruan untuk tetap teguh berpegang kepada al-Kitab dan as-Sunnah dan menyingkirkan dari selain keduanya.

Berikut [dalam ebook] beberapa contoh nyata pengingkaran beliau terhadap perbuatan-perbuatan bid’ah yang diada-adakan di masa hidup beliau:

Download:
Silahkan Download via:

 IbnuMajjah.Com
Baca pula tulisan Madzhab Syafi’iyah

Tentang Ibnu Majjah
Penuntut Ilmu, [Insya Allah] bermanhaj Ahlussunnah

One Response to Imam an-Nawawi VS Bid’ah

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.