Ushulus Sunnah wa I’tiqad Dien

أصل السنة واعتقاد الدين

للإمَامَيْنِ الرَّازِيَـــيــْنِ
أبـي حاتـم وأبـي زرعة رحمهما الله

 

سألت أبي وأبا زرعة رضي الله عنهما عن مذاهب أهل السنة في أصول الدين، وما أدركا عليه العلماء في جميع الأمصار وما يعتقان من ذلك، فقالا: أدركنا العلماء في جميع الأمصار: حجازًا وعراقًا ومصرًا وشامًا ويـمنًا، فكان من مذهبهم:

Aku[1] bertanya kepada ayahku dan Abu Zur’ah radliyallahu ‘anhuma tentang madzhab Ahlus Sunnah dalam masalah ushuluddin (pokok-pokok agama) juga tentang pemahaman para ulama di berbagai kota yang mereka ketahui, serta apa saja yang mereka berdua yakini. Maka, keduanya berkata: Kami telah berjumpa dengan para ulama di seluruh kota baik di Hijaz, Iraq, Mesir, Syam maupun Yaman, maka diantara madzhab yang mereka anut adalah:

الإيـمان قول وعمل

  1. Iman itu berupa perkataan dan perbuatan,

يزيد وينقص

  1. bertambah dan berkurang.

والقرآن كلام الله غير مـخلوق بـجميع جهاته

  1. Al-Qur’an adalah kalam Allah dan bukan makhluk, dalam segala aspeknya.

والقدر خيره وشره من الله عز وجل

  1. Takdir yang baik maupun yang buruk adalah dari Allah Azza wa Jalla.

وخير هذه الأمة بعد نبيها أبو بكر الصديق، ثم عمر بن الخطاب، ثم عثمان بن عفان، ثم علي  رضي الله عنهم

  1. Di kalangan ummat ini, sebaik-baik orang setelah Nabi shallallahu ‘alahi wasallam, adalah Abu Bakar Ash-Shiddiq, kemudian Umar bin Al-Khattab, lalu ‘Utsman, lalu ‘Ali bin Abu Thalib radliyallahu’anhum,

وهم الـخلفاء الراشدون الـمهديّون

  1. Mereka Khulafaur Rasyidun Al-Mahdiyin, para khalifah yang berpegang teguh kepada agama dan mengikuti kebenaran.

وأن العشرة الذين سماهم رسول الله صلى الله عليه وسلم وشهد لهم بالجنة على ما شهد به رسول الله صلى الله عليه وسلم وقوله الحق

  1. Bahwa sepuluh sahabat yang disebut dan dinyatakan oleh Rasulullah shallallahu ‘alahi wasallam masuk jannah, mereka itu sesuai dengan pernyataan Rasulullah shallallahu ‘alahi wasallam dan perkataan beliau itu benar.

والترحم على جميع أصحاب مـحمد صلى الله عليه وسلم والكف عما شجر بينهم

  1. Memintakan kasih sayang bagi seluruh sahabat Muhammad shallallahu ‘alahi wasallam dan menahan untuk membicarakan perselisihan yang terjadi diantara mereka.

والله عزّوجلّ على عرشه بائن من خلقه، كما وصف نفسه في كتابه على لسان رسوله صلى الله عليه وسلم بلا كيف

  1. Bahwa Allah Azza wa Jalla berada di atas ‘Arsy-Nya, terpisah dari seluruh makhluk-Nya, sebagaimana sifat yang diberitahukan-Nya dalam kitab-Nya melalui lisan Rasul-Nya, tanpa diketahui kaifiyah (bagaimana)nya.

أحاط بكل شيء علما، ليس كمثله شيء وهو السميع البصير

  1. Ilmu-Nya meliputi segala sesuatu, tidak ada sesuatupun yang serupa dengan-Nya dan Dia Maha Mendengar lagi Maha Melihat.

[1] Aku disini adalah imam ibnu Abi Hatim, adapun riwayat sampai kebeliau rahimahullah, sebagaimana dikutip syaikh ‘Abdul ‘Aziz bin ‘Abdullah ar-Rajhi dari kitab imam al-Laalikai rahimahullah sebagai berikut:

قال أبو القاسم اللالكائي: أخبرنا مـحمد بن الـمظفر الـمقري، قال: حدثنا الـحسين بن حبش الـمقري، قال: حدثنا أبو مـحمد عبد الرحـمن ابن أبي حاتـم أنه قال:

Demikian sekelumit matan dan terjemah Ushulus Sunnah wa I’tiqad Dien, untuk lengkapnya silahkan download pada link dibawah ini:

Download CHM atau Download ZIP atau Download PDF atau Download Word

Catatan: pada versi CHM kami sertakan biografi Imam Abu Hatim ar-Razi, Abu Zur’ah ar-Razi dan Ibnu Abi Hatim ar-Razi

Tentang Ibnu Majjah
Penuntut Ilmu, [Insya Allah] bermanhaj Ahlussunnah

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.