Tiga Wasiat Rasulullah

Nama eBook: Tiga Wasiat Rasulullah صلى الله عليه وسلم
Penulis: Syaikh Prof. Abdurrozzaq bin Abdul Muhsin al-Abbad حفظهما الله

Pengantar:

Sungguh beruntung orang yang menghiasi hidupnya dengan Sunnah-Sunnah yang dicontohkan oleh Rasulullah صلى الله عليه وسلم . Sungguh bahagia orang yang menjadikan petuah dan wasiat Rasulullah صلى الله عليه وسلم sebagai panduan hidupnya. Berikut ini adalah sebagian dari wasiat yang pernah disampaikan oleh Rasulullah صلى الله عليه وسلم kepada para Sahabatnya صلى الله عليه وسلم . Sebuah wasiat yang singkat namun sarat makna serta menyentuh hati. Wasiat yang menghimpun kebaikan dunia dan akhirat dengan sempurna.

Dalam Musnad Imam Ahmad dan Sunan Ibnu Majah juga para Imam lainnya terdapat hadits dari Abu Ayyub al-Anshari رضي الله عنه. Dalam hadits itu diberitakan bahwa ada seorang laki-laki mendatangi Rasulullah صلى الله عليه وسلم lalu mengatakan:

عِظْنِى وَأَوْجِزْ وفي روايه عَلِّمْنِي وَأَوْجِزْ قَالَ: إِذَا قُمْتَ فِي صَلَاتِكَ فَصَلِّ صَلَاةَ مُوَدِّعٍ وَلَا تَكَلَّمْ بِكَلَامٍ تَعْتَذِرُ مِنْهُ غَدًا وَأَجْمِعْ الْيَأْسَ مِـمَّا فِي أَيْدِي النَّاسِ

“Berilah aku nasehat dengan ringkas! (dalam riwayat lain) Ajarilah aku dengan ringkas! Lalu Rasulullah صلى الله عليه وسلم bersabda, ‘Jika kamu berdiri hendak melaksanakan shalat, maka shalatlah sebagaimana shalat orang yang pergi selamanya; Janganlah kamu mengucapkan satu perkataan yang kamu akan meminta maaf karenanya pada esok harinya; bertekadlah untuk tidak mengharapkan apa yang dimiliki orang lain.” (HR. Imam Ahmad, no. 23498 dan Ibnu Majah, no. 4171. Lihat as-Shahihah, no. 401)

Hadits ini adalah hadits hasan dengan banyaknya syawahid (pendukung). Hadits agung yang singkat ini berisi tiga wasiat yang menghimpun semua kebaikan, dunia dan akhirat; mari kita simak penjelasan hadits ini….

Download:
Download CHMatau Download ZIPatau Download PDF atau Download Word

Iklan

Perihal Ibnu Majjah
Penuntut Ilmu, [Insya Allah] bermanhaj Ahlussunnah

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s