Idul Fitri dan Halal Bihalal

Nama eBook: Idul Fitri dan Halal Bihalal
Penulis: Para Ustadz

Alhamdulillah, Kita memuji dan bersyukur kepada Allah Rabb semesta, Sholawat dan salam semoga senantiasa tercurah bagi Rasulullah صلى الله عليه وسلم, kepada keluarganya, sahabatnya dan yang mengikuti mereka dengan baik, Amma ba’du:

InsyaAlalh tidak berapa lama lagi kita akan memasuki Hari Raya Idul Fitri 1433 H, Kegiatan apapun di hari raya, diluar masalah peribadatan, adalah kegiatan yang sah-sah saja, jika hanya dimaksudkan untuk mengungkapkan rasa gembira, misalnya makan-makan bersama, bertemu keluarga dan handai tolan. Sebab memang diperbolehkan kaum Muslimin mengungkapkan kegembiaraan hatinya pada saat-saat hari raya, sepanjang hal itu tidak menyimpang dari ketentuan syar’i.

Masalahnya, memang terdapat banyak hal yang kemudian menyimpang dari ketentuan syari’at, seperti ikhtilath (bercampur antara laki-laki dan perempuan bukan mahram), jabat tangan antar lawan jenis, hura-hura, pamer aurat, pamer kecantikan, nyanyian-nyanyian maksiat, main petasan dan lain sebagainya. Bahkan mungkin menyangkut masalah peribadatan yang tidak ada contohnya dari Rasulullah صلى الله عليه وسلم maupun dari para Sahabat Beliau رضي الله عنهم.

Sesungguhnya Idul Fitri atau Idul Adha merupakan kegiatan yang pelaksanaan serta tata caranya telah diatur dalam syari’at. Tetapi di dalamnya mengandung hal-hal yang bersifat bebas selama tidak bertentangan dengan syari’at.

Salah satu hal perlu ditinjau dari syari’at Islam adalah mengkhususkan bersalaman dan bermaafan di Hari Raya Idul Fitri, hal lainnya perlu ditinjau yang erat kaitannya dengan hal ini adalah acara bersalaman dan bermaafan yang dikemas dengan acara Halal Bihalal, pada eBook ini kami ketengahkan empat tulisan yang membahas hal tersebut yang telah diterbitkan pada majalah as-Sunnah 1 tahun yang lalu dalam rubrik Mabhats yaitu:

  1. Berjaban Tangan, Sunnahkah? tulisan Ustadz Dr. Nur Ihsan
  2. Maaf-memaafkan dalam rangka Hari Raya, disyariatkan? oleh Ustadz Abdullah Taslim al-Buthoni, MA
  3. Idul Fitri dan Halal Bihalal tulisan Ustadz Ahmas Fais Asifudin
  4. Menyingkap Keabsahan Halal Bihalal oleh Ustadz Anas Burhanuddin, MA

Selamat menyimak…dan kita berdoa kepada Allah menguatkan hati kita tetap istiqomah dan menghindarkan kita dari segala syahwat dan syubhat yang tercela, Amin..

Download:
Idul Fitri dan Halal Bihalal

Download CHMmirrorDownload CHMmirror Download CHM atau Download ZIPmirrorDownload ZIP

Tulisan Terkait:
Pedoman Puasa dan Hari Raya

Tentang Ibnu Majjah
Penuntut Ilmu, [Insya Allah] bermanhaj Ahlussunnah

2 Responses to Idul Fitri dan Halal Bihalal

  1. sutaryo solehudin says:

    Alhamdulillah,
    ana mengucapkan sukron kepada Saudaraku yang ada di Ibnumajjah
    Barokallohu fiek.
    dan semoga ilmu yang ana terima, Alloh subahanahu wata’ala memberkahi ana dan semua Saudaraku.
    dan Alloh subhanahu wata’ala menjadikan ilmu yang bermanfaat, aamiin.

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.