Tips Mendakwahi Orang Kafir

Nama eBook: Tips Mendakwahi Non Muslim
Penulis: Ustadz Abu Hafshah Abdurrahman al-Buthoni حفظه الله

Pengantar:

Alhamdulillah, segala puji bagi Allah Rabb sekalian alam yang telah memberikan berbagai nikmat yang terhingga kepada kita, kemudian shalawat dan salam kepada Nabi kita Muhammad صلى الله عليه وسلم, keluarganya, sahabatnya dan yang mengikuti mereka dengan baik hingga hari akhir.

Dalam eBook Dakwah telah kita sampaikan bahwa berdakwah itu sesuai kondisi, kemudian telah pula dijelaskan cara mendakwahi orang awam, mendakwahi pengikut hawa nafsu dan mendakwahi penguasa; maka dikesempatan yang mulia ini kita kketengahkan tips mendakwahi orang kafir.

Sebagaimana dikatakan penulis diawal eBook, Tujuan, materi, uslub, dan objek dakwah telah dijelaskan oleh Allah عزّوجلّ dalam ayat:

ادْعُ إِلَى سَبِيلِ رَبِّكَ بِالْحِكْمَةِ وَالْمَوْعِظَةِ الْحَسَنَةِ وَجَادِلْهُمْ بِالَّتِي هِيَ أَحْسَنُ

Ajaklah kepada jalan Rabbmu dengan hikmah, dan mau’izhah hasanah, dan mendebat mereka dengan cara yang baik. (QS an-Nahl [16]: 125)

Ajak kepada jalan Rabbmu” sebagai tujuan dakwah, “dengan hikmah” sebagai materi dan uslub dakwah sekaligus objek dakwah. Sebab hikmah adalah Kitab dan Sunnah maksudnya apabila seseorang mencari kebenaran dan siap menerimanya maka cukup disampaikan dalil firman Allah dan sabda Rasulullah صلى الله عليه وسلم kepadanya. “Mau’izhah hasanah” maksudnya ada orang yang mengetahui kebenaran tetapi terasa berat menerimanya maka perlu nasihat dengan cara yang baik yaitu disebutkan keutamaan amal shalih dan kejelekan menyelisihinya. “Debat dengan cara yang baik” maksudnya ada orang yang mengetahui kebenaran tetapi dia memiliki syubhat (kerancuan).

Demikianlah berdakwah kepada manusia baik muslim maupun kafir, dalam eBook ini penulis -semoga Allah menjaganya- menjelaskan berbagai hal yang diperhatian dalam mendakwahi orang kafir mulai dari kaidah yang harus dipegang para da’i, tugas da’i mendakwahi orang kafir yang mau masuk Islam dan membimbingnya setelah masuk Islam dan berbagai hal lainnya, semoga bermanfaat…

Download:
Download CHM
mirror Download ZIP dan Download PDF atau Download Word

Tentang Ibnu Majjah
Penuntut Ilmu, [Insya Allah] bermanhaj Ahlussunnah

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.