Qasim bin Muhammad, Cucu Abu Bakar

Nama eBook: Qasim bin Muhammad, Cucu Abu Bakar ash-Shiddiq
Penulis: Ustadz Ubu Minhal, Lc حفظه الله

Alhamdulillah, kita memuji dan bersyukur kepada Allah Rabb sekalian alam. Sholawat dan salam bagi nabi utusan-Nya Muhammad صلى الله عليه وسلم, keluarganya, para sahabatnya, dan yang mengikuti mereka dengan baik hingga hari yang pasti.

Generasi Tabi’in, yaitu generasi yang datang setelah Sahabat رضي الله عنهم dan bertemu dengan para Sahabat رضي الله عنهم, termasuk generasi yang dipuji oleh Rasulullah Muhammad صلى الله عليه وسلم. Beliau صلى الله عليه وسلم bersabda:

خَيْرُ النَّاسِ قَرْنِي ثُمَّ الَّذِينَ يَلُونَهُمْ ثُمَّ الَّذِينَ يَلُونَهُمْ

Sebaik-baik manusia adalah masaku (yaitu masa para Sahabat), kemudian masa sesudah mereka (masa Tabi’in), kemudian masa setelah mereka (masa Tabiut Tabi’in). (HR. Al-Bukhari no.2652 dan Muslim no.2533 dari Sahabat ‘Abdullah bin Mas’ud رضي الله عنه.)

Pada masa generasi Tabi’in, di Madinah ada sejumlah sosok ahli ilmu terdepan yang menjadi rujukan manusia dalam perkara-perkara agama. Karena berjumlah tujuh orang, maka dikenal dengan istilah Fuqaha Sab’ah (Tujuh Ahli Fiqih Ternama). Salah satu dari ketujuh orang yang berilmu tersebut adalah al-Qasim bin Muhammad bin Muhammad bin Abu Bakar ash-Shiddiq.

eBook ini adalah cuplikan kehidupan beliau hingga menjadi ulama umat ini, dan sedikit dari nasehat beliau yang kita berharap menjadi orang yang mau menerima nasehat, amin…

Download:
Download PDF atau Download Word

Tentang Ibnu Majjah
Penuntut Ilmu, [Insya Allah] bermanhaj Ahlussunnah

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.