Ibadahnya Para Imam Madzhab di Malam Hari

الحمد الله، وصلى الله وسلم وبارك على نبينا محمد وآله وصحبه أجمعين، أما بعد:

Sebagaimana tidak samar lagi bagi kita, bahwa beribadah kepada Allah ‘Azza wa Jalla di malam hari mempunyai kelebihan dan keutamaan sendiri yang dimalkan dan dicontohkan Rasulullah shalllahu ‘alaihi wasallam dan diikuti para orang shaleh hingga hari ini.

Pada eBook ini kita sampaikan pengamalan ibadah dimalam hari yang dilakukan para Imam Madzhab yakni Imam Abu Hanifah, Imam Malik, Imam asy-Syafi’i, Imam Ahmad dan kami tambahkan pula Imam Waki’ bin Jarrah dan Imam Bukhari -semoga Allah merahmati mereka-.

Dilaman muka ini kita kutip sedikit tentang Imam asy-Syafi’i; dia adalah imam pada masanya, orang alim pada zamannya, pembela hadits dan ahli fiqih agama ini.

Husain al-Karabisi rahimahullah berkata, “Aku pernah bermalam bersama Imam asy-Syafi’i, maka kira-kira selama sepertiga malam, dia melakukan shalat dan aku tidak melihatnya membaca lebih dari lima puluh ayat, jika pun lebih banyak, maka dia hanya membaca seratus ayat. Dia tidak melewatkan satu ayat rahmat pun, melainkan dia meminta kepada Allah ‘Azza wa Jalla untuk dirinya sendiri dan untuk seluruh kaum muslimin. Dan dia tidak melewatkan satu ayat adzab pun, melainkan dia berlindung kepada Allah ‘Azza wa Jalla darinya dan dia meminta keselamatan untuk dirinya sendiri dan seluruh kaum muslimin, seakan-akan padanya telah terhimpun harapan dan kecemasan.”

Hilal bin al-‘Ala’ rahimahullah berkata, “Asy-Syafi’i, Yahya bin Ma’in dan Ahmad bin Hanbal pernah keluar menuju Makkah, tatkala mereka sampai di Makkah, mereka singgah di suatu tempat. Asy-Syafi’i langsung berbaring dan Yahya bin Ma’in pun demikian, sedangkan Ahmad bin Ahmad berdiri melakukan shalat. Tatkala memasuki waktu Shubuh, asy-Syafi’i berkata, ‘Sungguh aku telah membahas dua ratus masalah untuk kaum muslimin.’ Yahya bin Ma’in berkata: ‘Aku telah menghilangkan dua ratus pendusta dari hadits-hadits Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasallam.’ Dan Ahmad berkata, ‘Aku telah melakukan shalat beberapa raka’at yang di dalamnya aku telah mengkhatamkan al-Qur’an.'”

Simak lebih lengkap kisah mereka, semoga kita termotivasi untuk lebih bersemangat beribadah dimalam hari, demi mencari ridha Rabb al-Alamiin.

Download:

Download CHM atau Download ZIP atau Download PDF atau Download Word

Tentang Ibnu Majjah
Penuntut Ilmu, [Insya Allah] bermanhaj Ahlussunnah

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.