Khutbah Jum’at: Amalan Penolak Bala

Kita memuji Allah ‘Azza wa Jalla serta bersyukur kepada-Nya, kemudian shalawat dan salam bagi Nabi Muhammad shallallahu alaihi wa sallam, keluarga, sahabat, dan siapa saja yang mengikuti mereka dengan baik hingga kiamat nanti.

Kehidupan manusia, tidak lepas dari cobaan dan bencana. Maka di antara karunia Allah, bahwa ada berbagai ibadah dan amalan yang bisa menolak bala bencana; dengan izin Allah. Nabi telah memerintahkan untuk menolak bala dengan berbagai ibadah dan ketaatan.

Sebagaimana dalam hadits tentang gerhana:bahwa Nabi shalat bersama orang-orang, kemudian Beliau berkhutbah di hadapan para Sahabatnya.Beliau memuji Allah dan menyanjungNya. kemudian berkata: Sesungguhnya matahari don bulan adalah dua tanda dari tanda-tanda kebesaran Allah. Tidaklah terjadi gerhana pada keduanya dikarenakan kematian atau hidupnya seseorang. Maka bila kalian menyaksikannya, maka berdoalah kepada Allah! bertakbirlah! Shalatlah! Dan bersedekahlah! (Muttafaq alaih)

lbnul Qayyim berkata: “Ketika terjadi gerhana, Nabi memerintahkan untuk shalat, juga memerdekakan budak, bersegera untuk mengingat Allah dan juga bersedekah. Sesungguhnya hal-hal ini menolak sebab-sebab datangnya bencana.

Maka sudah seharusnya seorang hamba untuk berusaha menetapi amal ketaatan yang diajarkan dalam syariat; bahwa itu bisa menolak bala.

Kemudian disebutkan amalan-amalan penolak bala disertai penjelasannya, silahkan dibaca dan kita berdo’a semoga musibah yang menimpa kaum muslimin diangkat oleh Allah ‘Azza wa Jalla, amin…

Download:
Download PDF mirror Download PDF

Tentang Ibnu Majjah
Penuntut Ilmu, [Insya Allah] bermanhaj Ahlussunnah

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.