Tafsir Surat al-A’laa

Nama eBook: Tafsir Surat al-A’laa
Penulis: Imam Ibnu Katsir asy-Syafi’i رحمه الله

إِنَّ الْحَمْدَ لِلَّهِ نَحْمَدُهُ وَ نَسْتَعِينُهُ وَنَسْتَغْفِرُهُ وَنَعُوذُ بِاللهِ مِنْ شُرُورِ أَنْفُسِنَا وَمِنْ سَيَّئَاتِ أَعْمَالِنَا مَنْ يَهْدِ اللَّهُ فَلَا مُضِلَّ لَهُ وَمَنْ يُضْلِلْ فَلَا هَادِيَ لَهُ وَأَشْهَدُ أَنْ لَا إِلَهَ إِلَّا اللَّهُ وَحْدَهُ لَا شَرِيْكَ لَهُ وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُولُهُ، أما بعد

Dalil yang menunjukkan keutamaa surat al-A’laa adalah hadits yang diriwayatkan oleh al-Bukhari dari al-Barra’ bin ‘Azib رضي الله عنه, di mana dia berkata: “Sahabat Nabi صلى الله عليه وسلم yang pertama kali datang kepada kami adalah Mush’ab bin ‘Umair dan Ibnu Ummi Maktum. Lalu keduanya membacakan al-Qur-an kepada kami. Kemudian ‘Ammar, Bilal, dan Sa’ad datang, setelah itu datang pula ‘Umar bin al-Khaththab pada (urusan) yang kedua puluh. Selanjutnya Nabi صلى الله عليه وسلم datang. Dan aku tidak pernah menyaksikan peduduk Madinah sebahagia ini, sampai-sampai aku menyaksikan anak-anak mengatakan: ‘Inilah Rasulullah صلى الله عليه وسلم telah datang.’ Dan beliau tidak datang sehingga aku membaca, سَبِّحِ اسْمَ رَبِّكَ الْأَعْلَى  ‘Sucikanlah Nama Rabb-mu Yang Paling Tinggi,’ di beberapa surat yang semisalnya.”

Dan dalam kitab ash-Shahihain juga disebutkan bahwa Rasulullah صلى الله عليه وسلم pernah bersabda kepada Mu’adz رضي الله عنه:

هَلَا صَلَّيْتَ بِسَبِّحِ اسْمَ رَبِّكَ الْأَعْلَى وَالشَّمْسِ وَضُحَاهَا وَاللَّيْلِ إِذَا يَغْشَى

“Mengapa engkau tidak mengerjakan shalat dengan membaca: “Sabbihisma Rabbikal A’laa atau wasy syamsi wa dhuhaahaa atau wal laili idzaa yaghsyaa.”

Imam Ahmad meriwayatkan dari an-Nu’man bin Basyir رضي الله عنه bahwasanya Rasulullah صلى الله عليه وسلم dalam shalat dua hari raya ‘led membaca, Sabbihisma Rabbikal A’laa dan hal ataaka hadiitsul ghaasyiyah. Dan jika bertepatan dengan hari Jum’at, maka beliau membaca kedua-duanya.

Demikianlah diantara keutamaan surat yang mulia ini, tentunya karena kandungannya yang penuh makna dan pelajaran dari Allah Rabbul Alamin, selamat menyimak tafsir surat ini dan semoga kita mendapat petunjuk, amin…

Download:
Download CHMatau Download ZIPatau Download PDF atau Download Word

Tentang Ibnu Majjah
Penuntut Ilmu, [Insya Allah] bermanhaj Ahlussunnah

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.