Adab Berkendaraan

Nama eBook: Adab Berkendara
Penulis: Ustadz Dr. Muhammad Arifin Badri, MA حفظه الله

Alhamdulilah, shalawat dan salam semoga senantiasa dilimpahkan kepada Nabi Muhammad, keluarga dan sahabatnya.

Dunia yang kita huni ini begitu luas. Di saat yang sama kebutuhan kita tidak terkumpul di satu tempat, namun tersebar di berbagai belahan bumi. Kondisi ini kadang menjadi sumber masalah tersendiri dalam kehidupan kita. Kita  terpaksa harus bepergian jauh agar dapat  memenuhi kebutuhan tersebut.

Coba kita bayangkan betapa susahnya nenek moyang kita ketika sebagian kebutuhan mereka hanya dapat dipenuhi di tempat yang jauh. Mereka harus bepergian, tentunya dengan transportasi yang sederhana. Bahkan tidak jarang mereka terpaksa harus bepergian tanpa sarana transportasi apapun. Perjalanan yang melelahkan dan menyedot banyak tenaga dan waktu. Ini membuktikan bahwa keberadaan alat transportasi sangat urgen bagi kehidupan kita.

Wajar bila Allah Ta’ala mengingatkan kita agar mensyukuri-Nya atas diciptakannya berbagai jenis transportasi bagi kita. Dengan demikian kita dapat berpindah dari satu tempat ke lainnya dengan mudah, cepat dan nyaman.

وَلَقَدْ كَرَّمْنَا بَنِي آدَمَ وَحَمَلْنَاهُمْفِي الْبَرِّ وَالْبَحْرِ وَرَزَقْنَاهُم مِّنَ الطَّيِّبَاتِ وَفَضَّلْنَاهُمْ عَلَىكَثِيرٍ مِّمَّنْ خَلَقْنَا تَفْضِيلاً

“Sungguh Kami telah memuliakan anak keturunan Adam, dan membawa mereka di daratan dan di lautan. Kami memberi mereka rizki dari yang baik-baik dan Kami lebihkan mereka di atas kebanyakan makhluq yang telah Kami ciptakan.” (QS. Al Isra’/17: 70)

Kerena berbagai nikmat yang telah Allah karunikan kepada kita, maka sepantasnyalah kita bersyukur kepadanya, termasuk nikmat kendaraan; untuk itu hendaklah kita menjalankan adab-adab islam dalam mempergunakannya, selamat menyimak…

Download:
Download CHM atau Download ZIP dan Download PDF atau Download Word

Iklan

Perihal Ibnu Majjah
Penuntut Ilmu, [Insya Allah] bermanhaj Ahlussunnah

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s