Biografi Imam Sufyan ats-Tsauri

Nama eBook: Sufyan ats-Tsauri رحمه الله: Amirul Mukminin Dalam Hadits
Penyusun: Ustadz Abu Faiz Sholahuddin حفظه الله

Pengantar:

Alhamdulillah, shalawat dan salam semoga senantiasa dilimpahkan kepada Nabi Muhammad صلى الله عليه وسلم, keluarga dan sahabatnya.

Mempelajari kisah para salafush shalih kadang lebih diperlukan, karena dengannya hati akan menjadi lebih lembut dan lebih bersemangat dalam menjalankan agama yang hanif ini, untuk itu dalam kesempatan ini kita ketengahkan biografi seorang ulama besar dari kibar tabi’in yang mulia yang beliau masyhur dengan ilmu dan fiqih (pemahaman). Bahkan beliau adalah Amirul Mukminin fil Hadits, beliau adalah al-Imam Sufyan ats-Tsauri رحمه الله.

Sufyan bin Uyainah berkata, “Aku tidak melihat ada orang yang lebih utama dari Sufyan, sedang ia sendiri tidak merasa bahwa dirinya adalah orang yang paling utama.”

Imam Waki’ berkata, “Sufyan adalah bagaikan lautan.”

Sementara itu, Imam al-Auza’i mengatakan, “Tidak ada orang yang bisa membuat umat merasa ridha dalam kebenaran kecuali Sufyan.”

Beliau -semoga Allah merahmatinya- adalah orang yang sangat komitmen mengikuti sunnah dan mengambil teladan dari para sahabat, beliau berkata yang diantaranya:

“Maka, hendaknya kamu mengambil suri teladan pada generasi pertama, yaitu generasi para sahabat. Dan hendaknya kamu jangan menjadi generasi yang bodoh, karena sekarang telah tiba zaman kebodohan.”

Demikianlah beliau berkata, bagaimana kiranya ia berkata pada zaman kita ini? penuh fitnah, penuh ajaran bukan dari sunnah dan banyak da’i yang menyeru kepada pintu-pintu neraka, kita berdoa semoga kiranya kita dijauhkan dari hal tersebut dan dapat menjalankan agama ini dengan baik dan istiqomah, amin…

Download:

Download CHM atau Download ZIP dan Download Word atau Download PDF

Perihal Ibnu Majjah
Penuntut Ilmu, [Insya Allah] bermanhaj Ahlussunnah

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s