Perkataan Para Ulama Tentang Sifat ‘Uluw Bagi Allah

Nama eBook: Perkataan Para Ulama Tentang Sifat ‘Uluw Bagi Allah
Penulis: Ustadz Dr. Ali Musri Semjan Putra, MA حفظه الله

Pengantar:

Segala puji bagi Alloh Tuhan alam semesta. Sholawat dan salam buat nabi terakhir yang membawa peringatan bagi seluruh umat manusia, semoga sholawat dan salam juga terlimpahkan buat keluarga dan para sahabatnya serta orang-orang yang tetap berpegang teguh dengan petunjuk mereka sampai hari kiamat, amma ba’du:

Sesungguhnya para ulama salaf (terdahulu) dari masa kemasa dalam memahami ayat dan hadits-hadits tentang sifat ‘Uluw tidak menakwilkan nash-nash tersebut menurut akal pikiran mereka semata, akan tetapi, mereka mengimani sifat-sifat Alloh sesuai dengan apa yang terdapat dalam al-Qur’an dan Sunnah tanpa menyerupakannya dengan sifat-sifat makhluk.

Penulis -semoga Allah menjaganya- menyampaikan perkataan para ulama dari zaman sahabat sampai kepada masa iman Abul Hasan Al-Asy’ari, dilaman muka ini kami hanya mengutip sedikit Allah سبحانه و تعالى adalah al-Karîm, jika kita mencermati nama al-Karîm dalam al-Qur’ân, nama Allah Azza wa Jalla yang mulia ini terulang sebanyak dua kali:

Perkataan Imam Abu Hanifah:

“Barang siapa yang berkata, ‘Aku tidak tahu tentang Tuhanku apakah Dia di langit atau di bumi’ maka sesungguhnya ia telah kafir. Demikian pula orang yang berkata, ‘Bahwa Dia di atas Arasy, namun aku tidak tahu apakah Arasy itu di langit atau di bumi.’ Memohon kepada Alloh ke arah atas, tidak memohon ke arah bawah.”

Perkataan Imam Malik:

“Alloh عزّوجلّ di langit dan ilmu-Nya di setiap tempat, tiada satu tempat pun yang luput dari ilmu-Nya”

Perkataan Imam Syafi’i, -yang fikih beliau menjadi madzhab mayoritas muslimin di nusantara-:

“Perkataan tentang sunnah yang aku berada di atasnya dan aku lihat di atasnya orang-orang aku jumpai seperti Sufyan, Malik, dan lainnya; mengakui persaksian bahwa tiada yang berhak disembah kecuali Alloh dan bahwa sesungguhnya Muhammad itu adalah utusan Alloh. Dan bahwa sesungguhnya Alloh di atas Arasy di atas langit. Dia mendekati hamba-Nya sesuai cara yang Dia kehendaki dan Dia turun ke langit dunia sesuai cara yang Dia kehendaki.”

Perkataan Imam Ahmad:

Berkata Yusuf bin Musa al-Baghdadi, “Dikatakan kepada (al-Imam) Abu Abdillah Ahmad bin Hambal, ‘Alloh di atas langit yang ketujuh di atas Arasy-Nya, terpisah dari makhluk-Nya. Qudrot dan ilmu-Nya di setiap tempat?’ Jawab al-Imam Ahmad, ‘Ya, di atas Arasy, dan ilmu-Nya tidak satu pun tempat yang tersembunyi darinya.”

Perkataan Imam Abul Hasan al-Asy’ari:

“Bahwa sesungguhnya Alloh Ta’ala di atas segala langit di atas Arasy, bukan di bumi.”

“Pokok-pokok keyakinan ahlul hadits dan sunnah yaitu beriman dengan Alloh, kepada para malaikat, kitab-kitab suci, kepada para rosul, dan segala apa yang datang dari Alloh serta apa yang diriwayatkan oleh para ulama yang tsiqoh (terpercaya) dari Rosululloh صلى الله عليه وسلم … dan bahwa sesungguhnya Alloh di atas Arasysebagaimana firman-Nya, ‘Tuhan Yang Maha Pemurah. Yang beristiwa’ di atas Arasy.’

Demikian secuil kutipan dari eBook berikut, semoga dengan membaca halaman ini dan eBook-nya membuka mata dan hati, makin kokoh keimanan kita dan semoga yang tersalah kembali kepada jalan yang lurus, amin…

Download:

Download CHM atau Download ZIP atau Download Word atau Download PDF

Iklan

Perihal Ibnu Majjah
Penuntut Ilmu, [Insya Allah] bermanhaj Ahlussunnah

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s