Nama Allah: Ar-Raqiib

Nama eBook: AR-RAQIIB (Yang Maha Mengawasi)
Penulis: Abdullah bin Taslim al-Buthoni, MA حفظه الله

Pengantar:

الحمد الله وصلى الله وسلم وبارك على نبينا محمد وآله وصحبه أجمعين، أما بعد

Pada kesempatan ini pada eBook Tauhid Asma’ was Sifat kita ketengahkan penjelasan nama Allah Ar-Raqiib (Yang Maha Mengawasi), dasar penatapan nama Allah ini adalah:

إنَّ اللهَ كان عَلَيْكُمْ رقيباً

“Sesungguhnya Allah Maha Mengawasi kamu sekalian” (QS. an-Nisaa’/4: 1)

كان اللهُ عَلى كُلِّ شَيْءٍ رَقِيْباً

“Dan adalah Allah Maha Mengawasi segala sesuatu” (QS. al-Ahzaab/33: 52)

وكُنْتُ عَلَيْهِمْ شَهِيْداً ما دُمْتُ فِيْهِمْ، فَلَمَّا تَوَفَّيْتَنِي كُنْتَ أنْتَ الرَّقِيْبَ عَلَيْهِمْ، وأنْتَ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ شَهِيْدٍ

“Dan akulah yang menjadi saksi terhadap mereka selama aku berada di antara mereka. Maka setelah Engkau wafatkan (angkat) aku, Engkau-lah Yang Maha Mengawasi mereka. Dan Engkau adalah Maha Menyaksikan atas segala sesuatu” (QS. al-Maa-idah/5: 117)

Maka makna ar-Raqiib adalah: zat yang maha memperhatikan/mengetahui apa yang tersembunyi dalam dada/hati manusia, yang maha mengawasi apa yang diusahakan setiap diri manusia, yang maha memelihara semua makhluk dan menjalankan mereka dengan sebaik-baik aturan dan sesempurna-sempurna penataan, yang maha mengawasi semua yang terlihat dengan penglihatan-Nya yang tidak ada sesuatupun yang luput darinya, yang maha mengawasi semua yang terdengar dengan pendengaran-Nya yang meliputi segala sesuatu, yang maha mengawasi/memperhatikan semua makhluk dengan ilmu-Nya yang meliputi segala sesuatu.

Salah satu buah dari mengilmui dan mengimani nama Allah ar-Raqiib ini adalah al-Ihsan yakni seperti dalam hadist jibril:

أَنْ تَعْبُدَ اللهَ كَأَنَّكَ تَرَاهُ فَإِنْ لَمْ تَكُنْ تَرَاهُ فَإِنَّهُ يَرَاكَ

(al-Ihsan adalah) engkau beribadah kepada Allah seakan-akan engkau melihat-Nya, kalau kamu tidak bisa melihat-Nya maka sesungguhnya Dia melihatmu.

Silahkan baca tulisan ini secara sempurna dan kita memohon kepada Allah agar kita dianugerahi al-Ihsan dalam beribadah kepada-Nya dan kita berdo’a semoga kita termasuk hamba yang selalu dekat kepada-Nya, amin…

Download:

Download CHM atau Download ZIP atau Download Word atau Download PDF

Tentang Ibnu Majjah
Penuntut Ilmu, [Insya Allah] bermanhaj Ahlussunnah

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.