Tingkatan Kaum Muslimin

Nama Ebook: Tingkatan Kaum Muslimin
Penulis : Syaikh Shalih bin Fauzan Al Fauzan
Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman:

اثُمَّ أَوْرَثْنَا الْكِتَابَ الَّذِينَ اصْطَفَيْنَا مِنْ عِبَادِنَا فَمِنْهُمْ ظَالِمٌ لِّنَفْسِهِ وَمِنْهُم مُّقْتَصِدٌ وَمِنْهُمْ سَابِقٌ بِالْخَيْرَاتِ بِإِذْنِ اللَّهِ ذَلِكَ هُوَ الْفَضْلُ الْكَبِيرُ. جَنَّاتُ عَدْنٍ يَدْخُلُونَهَا يُحَلَّوْنَ فِيهَا مِنْ أَسَاوِرَ مِن ذَهَبٍ وَلُؤْلُؤاً وَلِبَاسُهُمْ فِيهَا حَرِيرٌ.

“Kemudian Kami wariskan kitab suci kepada manusiamanusia pilihan kami di antara hamba-hamba Kami. Di antara mereka ada yang dzalim terhadap dirinya sendiri, ada yang pertengahan, dan ada yang terdepan dalam kebaikan atas izin Allah. Itulah karunia yang besar. Mereka diberikan surga-surga yang menjadi tempat tinggal mereka. Mereka memasukinya, kemudian diberi perhiasan di dalam surga berupa gelang-gelang dari emas dan permata, serta pakaian di dalamnya dari sutera.” (QS. Faathir/35: 32-33)

Dari ayat yang mulia ini Allah Ta’ala membagi umat Muhammad shallallahu ‘alaihi wasallam menjadi tiga bagian yakni:

  1. Kelompok pertama adalah orang-orang yang dzalim terhadap dirinya sendiri. Mereka itulah orang-orang yang melakukan maksiat namun tidak sampai derajat syirik akbar.
  2. Kelompok kedua adalah pertengahan atau disebut dengan muqtasidun, yaitu orang-orang yang semangat dalam melaksanakan kewajiban dan meninggalkan keharaman, namun terkadang masih melakukan sebagian yang makruh dan meninggalkan sebagian yang mustahab.
  3. Kelompok ketiga adalah kelompok terdepan atau disebut as sabiqun, yaitu orang-orang yang bersegera dan terdepan dalam kebaikan. Kelompok ketiga inilah kelompok yang paling tinggi derajatnya karena mereka bersegara dalam kebaikan.

Dari ketiga kelompok tersebut hanya 2 kelompok yang menjadi kekasih Allah, yakni as sabiqun yang disebut juga al muqorrobun dan al muqtasidun yang disebut juga dengan ashabul yamiin.

Download:
Download PDF mirror Download PDF

Tentang Ibnu Majjah
Penuntut Ilmu, [Insya Allah] bermanhaj Ahlussunnah

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.