Sifat Khutbah Jum’at

Nama eBook: Sifat Khutbah Jum’at
Penulis: Ustadz Abu Isma’il al-Atsari خفظه الله

Pengantar:

الحمد لله رب العالمين. وصلى الله على نبينا محمد وعلى آله وصحبه ومن تبعهم بإحسان إلى يوم الدين، أَمَّا بَعْدُ

Alhamdulillah, kita memuji Allah dimana Sholat Jum’at masih diramaikan oleh kaum muslimin penyelenggaraanya baik dikota maupun didesa. Salah satu tuntunan syariat pada hari Jum’at adalah sebelum sholat Jum’at wajib disampaikan khutbah kepada seluruh jama’ah. Khutbah mempunyai kedudukan yang penting dalam syariat agama Islam, yang mana khutbah mestilah didengar dan pada saat khutbah tidak boleh bagi makmum untuk hanya sekedar berkata diam kepada saudaranya.

Adalah khutbah Jum’at merupakan kesempatan yang sangat besar untuk berdakwah dan membimbing manusia menuju keridhaan Allah. Hal itu, jika khutbah dimanfaatkan sebaik-baiknya, dengan menyampaikan materi yang dibutuhkan oleh hadirin menyangkut masalah agama mereka, dengan ringkas, tidak panjang lebar, dan dengan cara yang menarik serta tidak membosankan, sebagaimana telah dicontohkan  Nabi Muhammad صلى الله عليه وسلم.

Lalu bagaimanakah sesungguhnya tatacara (sifat) dan adab khutbah Jum’at yang baik tersebut? Alhamdulillah pada eBook ini akan dijelaskan dengan baik disertai dalil-dalilnya. Kita berdoa kepada Allah semoga mimbar Jum’at dapat menjadi sarana memperbaiki keadaan kaum muslimin menuju ridha Rabbul Alamin, amin..

Download:
Sifat Khutbah Jum’at

Download CHM atau Download ZIP

Tulisan Terkait:
Panduan Shalat Jum’at Bergambar Plus
Hukum-hukum Jum’at
Sunnah-sunnah di Hari Jum’at
Download Puluhan Contoh Khutbah Jumat

Tentang Ibnu Majjah
Penuntut Ilmu, [Insya Allah] bermanhaj Ahlussunnah

4 Responses to Sifat Khutbah Jum’at

  1. abu faishal says:

    Assalamu’alaikum warohmatullohi wa barokatuh, jazakumullohu khoeir akhi atas artikel-artikelnya, saya banyak mendapatkan faidah yang besar dari artikel2 yang akhi kirim. Semoga mendaptkan balasan yang setimpal dari-Nya dan menjadi ilmu yang bermanfaat

  2. Ping-balik: Hukum Khutbah Pakai Bahasa Indonesia | Soal-Jawab Agama Islam

  3. Ping-balik: Hukum Khutbah Pakai Bahasa Indonesia | Soal-Jawab Agama Islam

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.