Dahwah Islam: Kewajiban Mulia Yang Harus Dijaga

Alhamdulillah, segala puji bagi Allah Rabb sekalian alam, shalawat dan salam kepada Nabi Muhammad صلى الله عليه وسلم yang menjadi teladan bagi setiap da’i yang menyeru kejalan Allah سبحانه و تعالى.

Tidak diragukan lagi, bahwa dakwah menyeru kepada tauhid, dan membimbing manusia menuju jalan-Nya yang lurus, merupakan media eksisnya agama ini. Maka, tak heran bila dakwah ini termasuk kewajiban agama yang paling urgens. Dengan dakwah, manusia bisa membedakan antara petunjuk dan kesesatan; bisa memilah mana yang hak dan mana yang batil. Sehingga, berdakwah pun menjadi tugas dan kewajiban para rasul dan pengikut mereka hingga Hari Kiamat. Dan seperti yang telah diketahui, bahwa manusia dan juga jin diciptakan tidak lain kecuali agar mereka beribadah kepada-Nya semata, tanpa menyekutukan-Nya. Juga agar titah dan larangan-Nya diagungkan; agar Allah dikenal dengan asma’ dan sifat-Nya.

Dan Allah pun menjelaskan bahwa para pengikut Rasulullah صلى الله عليه وسلم adalah para da’i yang menyeru menuju Allah; dan merekalah ahli ilmu. Dan kewajiban mereka adalah mengikuti beliau dan meniti  jalan  yang  ditempuh  Beliau صلى الله عليه وسلم.

Adapun dakwah dalam artian umum, merupakan hal yang wajib bagi setiap Muslim dan Muslimah; sesuai dengan kemampuan dan kapasitasnya. Dan dakwah kepada Allah beragam bentuk dan variasinya. Orang yang menyampaikan suatu ayat, atau hadits, ia pun telah menyeru menuju agama Allah. Orang yang mengingatkan orang lain yang lalai, ini pun bentuk dakwah. Seseorang yang mendidik keluarganya atas dasar petunjuk Allah, iapun telah meyampaikan risalah Allah. Begitu pula orang yang memberikan nasihat, atau mengajarkan kebaikan, berbuat amar makruf nahi mungkar, sejatinya ia telah berdakwah menuju agama Allah….

Temukan bahasan yang baik lagi mencakup dalam eBook ini akan urgensi dakwah, prioritas dahwah, kewajiban dakwah dan lainnya yang dibutuhkan oleh kita semua…

Download:
Download CHM
atauDownload ZIP dan Download PDF atau Download Word

Perihal Ibnu Majjah
Penuntut Ilmu, [Insya Allah] bermanhaj Ahlussunnah

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.