Nasihat dan Wasiat Syaikh Al-Albani

Nama ebook: Nasihat dan Wasiat Syaikh Al-Albani
Penulis: Syaikh Muhammad Nashiruddin Al-Albani رحمه الله
Format File: chm, ukuran file: 30,9 kb, download disini

Pengantar:

Syaikh Al-Albani sebagai ulama besar tentu mempunyai perhatian yang sangat besar kepada kaum muslimin, disini kami kompilasi nasihat dan wasiat beliau yaitu:

  1. Nasihat Bagi Pemuda Islam dan Penuntut Ilmu
  2. Nasihat Al-Albani Kepada Penuntut Ilmu Agama
  3. Wasiat Al-Albani Untuk Segenap Kaum Muslimin

Dilaman muka ini kami kutipkan Nasihat beliau kepada penuntut ilmu Agama:

Beliau berkata: “Aku nasihati setiap orang yang baru meng­awali menuntut ilmu syar’i agar membaca kitab ‘Fiqih Sunnah’ karya Sayyid Sabiq dalam bidang fiqih, dibantu dengan membaca sebagian referensi fiqih lainnya seperti kitab ‘Subulus Salam’. Jika disertai dengan mempelajari kitab ‘Tamaamul-Minnah’ tentunya akan lebih mengokohkannya. Demikian pula aku mengajurkan untuk membaca kitab ‘Ar-Raudhah an-Nadiyyah.

Dalam bidang tafsir hendaklah ia biasakan membaca kitab ‘Tafsiir al-Qur’an al- Azhiim,’ karya al-Hafizh Ibnu Katsir, meskipun pada bagian-bagian tertentu terdapat pembahasan yang panjang, namun kitab ini adalah kitab tafsir yang paling shahih di zaman ini.

Adapun yang berkaitan dengan peringatan-peringatan dan upaya untuk melunakkan hati, hendaklah ia membaca kitab ‘Riyaadhus Shalihiin’ karya Imam Nawawi. Sedang dalam bidang ‘aqidah hendaklah ia membaca kitab ‘Syarh Aqiidah ath-Thahaawiyyah’ karya Ibn Abil ‘Izzal-Hanafi yang dibantu dengan komentar atau catatan kaki serta keterangan-keteranganku atas kitab tersebut.

Kemudian hendaklah ia membiasakan diri mempelajari karya-karya Syaikhul Islam Ibnu Taimiyyah dan muridnya Ibnul Qayyim al-Jauziyyah رحمهما الله secara umum. Karena aku yakin bahwa mereka berdua termasuk ulama kaum Muslimin yang langka yang telah menempuh manhaj Salafush Shalih disertai ketakwaan dan kesalehan dan kami tidak mensucikan seseorang terhadap Allah جل جلا له.

Download Nasihat dan Wasiat Syaikh Al-Albani رحمه الله
Tulisan Terkait:
Tiga Landasan Utama Manhaj Salaf
Tauhid Prioritas Utama

Tentang Ibnu Majjah
Penuntut Ilmu, [Insya Allah] bermanhaj Ahlussunnah

4 Responses to Nasihat dan Wasiat Syaikh Al-Albani

  1. Andy says:

    Saya donlot yaaa, thanks…

  2. Ping-balik: Wasiat Syaikh Al-Albani « Download Ebook Islam: Aqidah, Qur'an, Tafsir, Hadits, Fiqh

  3. Ping-balik: Bekal Penuntut Ilmu « Download Ebook Islam: Aqidah, Qur'an, Tafsir, Hadits, Fiqh

  4. Ping-balik: Pandangan Syaikh Al-Albani Tentang Bid’ah dan Kafir « Download Ebook Islam: Aqidah, Qur'an, Tafsir, Hadits, Fiqh

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.