Fatwa Ulama Tentang Jama’ah Tablig

Nama ebook: Fatwa Ulama Sunnah Tentang Jamaah Tabligh
Penulis: Syaikh Rabi’ bin Hadi Al Madkhali
Format File: chm, ukuran file: 62,7 kb, download disini

Deskripsi:

Ebook ini adalah tulisan dari pakar hadits, guru besar di Universitas Islam Madinah., beliau mengumpulkan fatwa-fatwa para ulama besar ahlus sunnah tentang jama’ah tabligh dan menjelaskannya. kami kutipkan penjelasan/ komentar Syaikh Rabi’ terhadap fatwa terakhir Syaikh bin Baz terhadap jama’ah tabligh:

Syaikh bin Baz berkata:

“Maka tidak boleh khuruj (keluar) bersama mereka [jamaah tabligh], kecuali orang yang mempunyai ilmu dan pemahaman tentang akidah yang shahih yang dipegang teguh oleh ahli sunnah wal jamaah, sehingga ia bisa membimbing dan menasehati mereka serta bekerja sama dengan mereka untuk melakukan kebajikan.”

Penyusun [Syeikh Rabi’ bin Hadi Al-Madkhali] mengatakan :

Semoga Allah merahmati Syeikh [bin Baz], kalaulah mereka itu mau menerima nasehat, dan bimbingan dari ahli ilmu, tentulah tidak ada halangan untuk keluar (khuruj) bersama mereka, akan tetapi realita yang membuktikan bahwasanya mereka tidak mau menerima nasehat dan tidak mau meninggalkan kebatilan mereka. Disebabkan ta’asub (fanatik) dan sikap menuruti hawan nafsu mereka yang bersangatan.

Kalaulah mereka menerima nasehat-nasehat para ulama, niscaya mereka telah meninggalkan manhaj mereka yang batil dan pastilah mereka telah menempuh jalan ahli tauhid dan sunnah.

Jika seandainya permasalahannya seperti itu, maka tidaklah boleh khuruj (keluar) bersama mereka, sebagaimana sikap itu merupakan sikap manhaj salafusholeh yang berpengang kepada kitab dan sunnah dalam mentahdzir (memperingatkan) dari ahli bid’ah dan dari bergaul serta bermajlis dengan mereka, karena hal itu adalah menambah banyaknya keanggotaan mereka, dan membantu dan memperkuat bersebarnya kesesatan mereka, dan hal itu adalah pengkhianatan terhadap agama Islam dan kaum muslimin, terpedaya oleh mereka dan kerja sama dalam melakukan dosa dan melampaui batas.

Apalagi mereka itu melakukan bai’at berdasarkan atas 4 macam tarikat (ajaran) sufi yang di dalamnya terdapat keyakinan hululiyah (Allah menepati makhluk) dan wahdatul wujud (Allah dan makhluk satu) serta syirik dan bid’ah.

Download Fatwa Ulama Sunnah Tentang Jama’ah Tabligh
Tulisan Terkait:
Tiga Landasan Utama Manhaj Salaf
Hukum Ghuluw dalam Agama
Syirik Dalam Pandangan Mazhab Syafi’i
Kesempurnaan Islam dan Bahaya Bid’ah
Pandangan Imam Syafi’i Tentang Dzikir Berjama’ah

About these ads

Perihal Ibnu Majjah
Penuntut Ilmu, [Insya Allah] bermanhaj Ahlussunnah

3 Responses to Fatwa Ulama Tentang Jama’ah Tablig

  1. Ping-balik: Syiah « Download Ebook Islam: Aqidah, Qur'an, Tafsir, Hadits, Fiqh

  2. Ping-balik: Hakikat Tasawuf « Download Ebook Islam: Aqidah, Qur'an, Tafsir, Hadits, Fiqh

  3. herbal sehat HAMAZARO mengatakan:

    pendapat ana bahwa fatwa syaikh bin Baz benar, kaerena beliau lebih mendahuanlukan cara persuasive/dengan pendekatan bukan dengan tahdzir. Dan ini menunjukkan betapa dalamnya ilmu beliau, yang tidak sekedar menguasai ilmu syar’i akan tetapi juga menguasai cara penerapannya. Hal ini juga didukung oleh Syaikh Ibnu Utsaimin yang mensyaratkan seorang daiyah harus mengerti syariat, mad’u dan waqi’. Tak ketinggalan Syaikh Albani yang banyak menasehati kia semua perihal uslub dakwah yang harus dengan lunak, tidak mengedepankan tahdzir. Karena justru sikap tahdzir itulah yang telah membuat manhaj salaf dijauhi oleh mereka.

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s