Nasehat untuk Para Da'i

Judul eBook: Nasehat Untuk Para Da’i
Penulis: Syaikh Muhammad bin Hady al-Madkhaly

Pengantar:

Ini adalah nasehat untuk para Da’i yang penyeru kepada jalan Allah oleh Syaikh Muhammad bin Hady Al-Madkhaly, diantara nasehatnya adalah:

Para Da’i wajib memahami dan mengetahui apa yang ia dakwahi dan mengetahui keadaan orang yang ia dakwahi. Dan meletakkan hukum-hukum Allah dengan benar, sebagaimana yang diperintahkan Allah jalla wa ’ala, dan dikehendaki dan dijelaskan oleh Rasulullah sallallahu alaihi wasallam.

Apabila ia berdakwah tanpa ilmu maka apa yang ia rusak lebih banyak dari apa yang ia perbaiki, karena seorang penyeru kepada Allah otomatis ia juga pengajak kepada kebaikan dan melarang kepada kemungkaran. Dan orang yang mengajak kepada kebaikan mesti tahu betul akan kebaikan, tahu kemungkaran, mengetahui keadaan orang yang ia ingkari. Dan hendaklah ia bijaksana, lembut, mengetahui mafasid (kerusakan) dan maslahat (yang akan terjadi), kapan ia maju (melakukan suatu tindakakan) dan kapan ia menahan dirinya, kapan ia mendahulukan (suatu pekerjaan) dan kapan ia mengakhirkan. dan (mengetahui) apa yang harus ia dahulukan dalam berdakwah, dan apa yang boleh ia akhirkan.

Dan hendaklah ia berlemah-lembut kepada manusia, dan sebagainya dari bermacam-macam masalah yang ditempuh oleh ulama-ulama islam rahimahumullah, dibawah naungan hadits-hadits Rasulullah sallallahu alaihi wasallam dalam berdakwah dan melakukan hisbah, hisbah yang saya maksud adalah mengajak kepada kebaikan dan melarang dari kemungkaran.

Silahkan simak nasehat beliau selanjutnya…

Download:
Nasehat untuk Para Da’i: pdf file atau Ms. Office 2003 atau Ms. Office 2007

Tulisan Terkait:
Akhlak Rasulullah dan Kewajiban Mengikutinya
Barometer Akhlak Mulia
Adab Bagi Para Da’i
Silaturrahim

Tentang Ibnu Majjah
Penuntut Ilmu, [Insya Allah] bermanhaj Ahlussunnah

2 Responses to Nasehat untuk Para Da'i

  1. Ping-balik: Berlemah Lembut Sesama Ahlu Sunnah « Download Ebook Islam: Aqidah, Qur'an, Tafsir, Hadits, Fiqh

  2. Ping-balik: 10 Faedah Seputar Dakwah « Download Ebook Islam: Aqidah, Qur'an, Tafsir, Hadits, Fiqh

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.