Adab Buang Hajat

Nama ebook: Adab Buang Hajat
Penulis: Ustad Abu Abdillah Al-Atsari خفظه الله

Pengantar:

Alhamdulillah, nikmat terbesar bagi seorang muslim adalah Allah memberikan kita hidayah menganut agama Islam yang sempurna ini, tidak ada kekurangan padanya dari segala sisi. Salah satu kesempurnaan Islam ialah adanya Standar Operasional Prosedur (baca: petunjuk dari sunnah Rasulullah صلي الله عليه وسلم) dalam setiap hal, termasuk masalah buang air baik besar maupun kecil (baca: BAB dan BAK), setahu saya belum ada sebuah Perusahaan maupun Istansi di barat dan di timur, besar apatahlagi kecil yang mempunyai SOP buang hajat, namun dalam Islam hal ini diatur. Dari paparan kami tersebut hendaklah membuat seorang muslim meyakini kesempurnaan Islam hingga ia tak perlu lagi menambah-nambahi syari’at.

Tentang kesempurnaan petunjuk islam seorang musyrik pernah bertanya  kepada Salman رضي الله عنه [sahabat Nabi صلي الله عليه وسلم] sebagimana hadits berikut:

عَنْ سَلْمَانَ قَالَ: قِيْلَ لَهُ : قَدْ عَلَّمَكُمْ كُلَّ شَيْءٍ حَتَّى اْلخِرَاءَةَ قَالَ: أَجَلْ! لَقَدْ نَهَانَا أَنْ نَسْتَقْبِلَ اْلقِبْلَةَ لِغَائِطٍ أَوْ بَوْلٍ أَوْ اَنْ نَسْتَنْجِيَ بِاْليَمِيْنِ أَوْ أَنْ نَسْتَنْجِيَ بِأَقَلَّ مِنْ ثَلاَثَةِ أَحْجَارٍ أَوْ أَنْ نَسْتَنْجِيَ بِرَجِيْعٍ أَوْ بِعَظْمٍ

Dari Salman رضي الله عنه bahwasanya dia ditanya seorang musyrik: “Apakah Nabi kalian mengajarkan segala sesuatu hingga adab buang hajat?” Salman menjawab: “Ya! Sungguh beliau melarang kami ketika buang hajat untuk menghadap kiblat, istinja dengan tangan kanan, istinja kurang dari tiga batu, istinja dengan kotoran atau tulang”. (HR. Muslim dan lainnya)

Dari hadits tersebut kita dapat mengetahui sebagian diantara adab buang hajat, dan semoga dengan adanya ebook ini kita dapat mengamalkannya dan mengajari keluarga kita untuk mengikutinya, disebalik itu kami berharap hal ini menambah keimanan kita dan menghindari hal-hal yang tak ada SOP-nya (baca: Petunjuk Rasulullah صلي الله عليه وسلم) dalam agama kita yang sempurna ini.

Download:
Adab Buang Hajat atau ZIP File

Tulisan Terkait:
Adab Kepada Kedua Orang Tua
10 Faedah Seputar Thaharah
Adab Menggunakan HP
Bekal Penuntut Ilmu

Tentang Ibnu Majjah
Penuntut Ilmu, [Insya Allah] bermanhaj Ahlussunnah

6 Responses to Adab Buang Hajat

  1. Yadex says:

    Assalammualaikum ibnu majah ebook ini ber mnfaat bagi kmi,dan bs menambah wawasan bagi kmi smoga ebook yg lain seperti syarah buluqul maram,syarah al-adzkar nawawi dan syarah2 yg lain di tengahkan semoga jaya selalu makasih wasalam

  2. Ping-balik: Petunjuk Nabi di Musim Hujan « Download Ebook Islam: Aqidah, Qur'an, Tafsir, Hadits, Fiqh

  3. Ping-balik: Adab Kepada Allah عزّوجلّ « Download Ebook Islam: Aqidah, Qur'an, Tafsir, Hadits, Fiqh

  4. Ping-balik: Adab Tidur « Download Ebook Islam: Aqidah, Qur'an, Tafsir, Hadits, Fiqh

  5. Ping-balik: Etika Pedagang Muslim « Download Ebook Islam: Aqidah, Qur'an, Tafsir, Hadits, Fiqh

  6. Ping-balik: Adab Tidur | Download eBook Islam

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.