Nama Allah yang Paling Agung

Nama eBook: Nama Allah yang Paling Agung
Penulis: Ustadz Abdullah bin Taslim al-Buthoni, M.A خفظه الله

Pengantar:
Penulis berkata:

Memahami nama-nama dan sifat-sifat Allah سبحانه و تعالي adalah ilmu yang paling agung dan mulia dalam Islam, sekaligus ilmu yang paling besar manfaatnya untuk kebaikan dan kebahagiaan hidup manusia di dunia dan akhirat.

Imam Ibnu Qayyim al-Jauziyah رحمه الله berkata, “Ilmu tentang Allah adalah landasan semua ilmu, sekaligus merupakan landasan pemahaman seorang hamba terhadap kebahagiaan, kesempurnaan dan kebaikan (dirinya) di dunia dan akhirat. Ketidakpahaman terhadap ilmu ini akan mengakibatkan ketidakpahaman terhadap kebaikan, kesempurnaan, kesucian dan kebahagiaan diri sendiri. Maka memahami ilmu ini adalah (kunci utama) kebahagiaan seorang hamba, dan ketidakpahaman tentangnya merupakan sumber (utama) kebinasaannya”.

Inilah makna firman Allah Ta’ala سبحانه و تعالي:

وَلا تَكُونُوا كَالَّذِينَ نَسُوا اللَّهَ فَأَنْسَاهُمْ أَنْفُسَهُمْ أُولَئِكَ هُمُ الْفَاسِقُونَ

“Dan janganlah kamu seperti orang-orang yang lupa (lalai) kepada Allah (tidak mengenal-Nya), maka Allah menjadikan mereka lupa kepada diri mereka sendiri, mereka itulah orang-orang yang fasik” (QS. al-Hasyr/59:19).

Oleh karena itu, mempelajari ilmu ini termasuk amal shaleh yang paling besar keutamaannya dalam Islam, sebagaimana beribadah kepada Allah سبحانه و تعالي semata-mata adalah amal shaleh yang paling besar keutamaannya.

Termasuk masalah penting yang dibahas oleh para ulama dalam ilmu yang agung ini adalah mengetahui nama Allah سبحانه و تعالي yang paling agung, yang jika seorang hamba berdoa dengan nama tersebut maka Allah سبحانه و تعالي akan mengabulkan doanya, dan jika dia memohon kepada-Nya dengan nama tersebut maka Allah سبحانه و تعالي akan memenuhi permohonannya, sebagaimana yang disebutkan dalam hadits-hadits shahih yang akan kami sebutkan…

Download:
Nama Allah yang Paling Agung atau ZIP file

Tentang Ibnu Majjah
Penuntut Ilmu, [Insya Allah] bermanhaj Ahlussunnah